PLT KAKANWIL KEMHAN : Banyak Negara Yang Memiliki Kepentingan Langsung Maupun Tidak Langsung Dengan Indonesia

0

TANJUNGPINANG – PW: Sistem pertahanan negara adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, yang dipersiapkan pemerintah secara dini dan diselenggarakan secara total, terpadu berlanjut dan terarah untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa dari segala macam ancaman.

Hal tersebut dijelaskan oleh Plt Kepala Kantor Wilayah Kementrian Pertahanan (Kakanwil Kemhan) Provinsi Kepulauan Riau Laksamana Pertama TNI Sulistiawan dalam sambutannya pada kegiatan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Pertahanan Negara di daerah Provinsi Kepulauan Riau TA. 2019, bertempat di GSG Yos Sudarso Markas Komando (Mako) Lantamal IV Jl. Yos Sudarso No 1 Batu Hitam Tanjungpinang Kepulauan Riau, Jum’at (12/7).

Kegiatan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Pertahanan Negara di daerah Provinsi Kepulauan Riau TA. 2019 yang diselenggarakan oleh Kemhan melalui Kanwil Kemhan berupaya ikut memberikan solusi terhadap generasi muda soal pertahanan negara.

“Saya menilai pelaksanaan kegiatan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan pemahaman kita akan peran untuk mengatasi ancaman terhadap pertahanan Negara yang sedang dan yang akan datang,” jelas Plt Kakanwil Kemhan Provinsi Kepri.

Ditempat yang sama Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menerangkan bahwa kegiatan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Pertahanan Negara di daerah Provinsi Kepulauan Riau TA. 2019 merupakan upaya membangun semangat dan tekad kebersamaan menjaga keutuhan NKRI. Sehingga diharapkan generasi muda tidak mudah terpengaruh kepada berbagai gerakan dan isu-isu negatif yang dapat merusak pertahanan dan ketahanan bangsa dan Negara.

“Kita ingin menyiapkan generasi muda bangsa yang tangguh, karena masa depan bangsa ini ada dipundak para generasi muda saat ini” ungkap orang nomor satu di Lantamal IV Tanjungpinang.

Sebagai Informasi kegiatan ini diselenggarakan hanya satu hari dengan materinya yaitu latihan jasmani, seperti olahraga bersama dan latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), kemudian pembekalan Wawasan Kebangsaan dan perkembangan ancaman non militer dengan pembicara Kolonel Laut (KH) Marihot Napitupulu, dilanjutkan dengan diskusi yang dipandu oleh moderator Rendra Setyadiharja ,S.Sos., M.I.P.

Jumlah perserta yang ikut dalam kegiatan Pendayagunaan Sumber Daya Manusia Pertahanan Negara di daerah Provinsi Kepulauan Riau TA. 2019 sebanyak 90 personel, yang terdiri dari Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) Hangtuah Tanjungpinang, SMKN 1 Tanjungpinang, Resimen Mahasiwa (Menwa) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Sultan Abdul Rahman Bintan serta Alumni Parade Cinta Tanah Air (PCTA).

Hadir pada acara tersebut Kolonel Laut (KH) Marihot Napitupulu, Perwakilan dari TNI/Polri, Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut (KH) Syafruddin Amir, S.Ag., Moderator Rendra Setyadiharja ,S.Sos., M.I.P.

Share.

Comments are closed.