LANTAMAL X JAYAPURA GELAR LATIHAN PERAN KEBAKARAN

0

Jayapura, PW: Sekitar pukul 08.00 WIT terdengar teriakan kebakaran-kebakaran dari kantor Dinas Penerangan Lantamal X Jayapura. Dalam waktu singkat seluruh personel Lantamal Xyang saat itu baru saja melaksanakan apel pagipun terkejut dan berhamburan menuju kantor Dispen dengan membawa peralatanpemadam kebakaran untuk  memadamkan api yang mulai merembet keruangan-ruangan lain yang ada di tempat tersebut dan sebagian personel menyelamatkan dokumen penting.

Salah satu personel melaporkan kepada Perwira Jaga dan listrik jaga untuk melaksanakan pemutusan aliran listrik yang menuju kantor Dispen. Denma Lantamal X dibawah Komando Komandan Denma Letkol Marinir Sujiono, S.Pd sebagai Pos Komando Utama memerintahkan untuk melaksanakan peran kebakaran. Seluruh personel membawa alat pemadam diantaranya tabung CO2, Busa, Powder, ember air dan ganco.

Karena kebakaran terus meluas dan tidak dapat ditanggulangi maka Pos Komando Utama (PKU) yang berada di DenmaLantamal X memerintahkan satu Unit mobil Pemadam Kebakaran (PMK)Lantamal X, satu Unit mobil tangki air dan satu Unit Mobil Ambulance dari Dinas Kesehatan Lantamal X. Dengan datangnya bantuan dari PKU berupa satu mobil PMKLantamal X kemudian api dapat dikuasai dan dipadamkan selama kurang lebih 25menit.

Dalam simulasi latihan yang digelar di Mako Lantamal X, digambarkan bahwa konsleting listrik yang menimbulkan percikan api mengakibatkan terminal listrik terbakar. Kemudian api dengan cepatmembakar kantor Dinas Penerangan Lantamal X dan menimbulkan asap tebal yang membumbung tinggi ke udara. Dari kebakaran ini satu personel terkena sambaran api yang mengakibatkan luka bakar yang sangat hebat. Dengan sigap dan cepat personel yang terluka dapat dievakuasi oleh Tim Dinas Kesehatan Lantamal X dengan mobil Ambulance menuju ke RSAL Dr. Soedibjo Sardadi. Kemudian Pomal Lantamal X dan Sintel Lantamal X melaksanakan pengaman area kebakaran dengan memasang Police Line untuk dilaksanakan penyelidikan dan menginvetarisir kerugian akibat kebakaran.

Komandan Denma Lantamal X Letkol Marinir Sujiono, S.Pd mengatakan, latihan ini rutin dilaksanakan untuk melatih kesiapsiagaan personel Lantamal X dalam menghadapi bahaya kebakaran yangsewaktu-waktu dapat terjadi baik didalam Mako maupun untuk membantu pemerintah Kota Jayapura apabila terjadi kebakaran diluar Mako Lantamal X Jayapura.

Share.

Comments are closed.