PERSONEL SATGASPAM PEMILU 2019 KOARMADA II MULAI TEMPATI SEKTOR PENUGASAN

0
Surabaya, PW: Usai melaksanakan Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS Pemilu 2019 di Wilayah Jawa Timur yang digelar di Mapolda Jatim, Satgaspam Pemilu 2019 Koarmada II mulai menempati sektor penugasan masing-masing yang tersebar di 27 kabupaten di Provinsi Jawa Timur.
Adapun personel Satgas yang telah tiba di sektor penugasan yang dituju antara lain Sektor Malang (Kodim 0818/ Malang), Sektor Probolinggo (Kodim 0820/ Probolinggo), Sektor Madiun (Kodim 0803/ Madiun), Sektor Ngawi ( Kodim 0805/Ngawi), Sektor Mojokerto (Kodim 0815/ Mojokerto), dan Sektor Surabaya (Korem 084 /SBJ).
Komandan Satuan Kapal Cepat (Dansatkat) Koarmada II Kolonel Laut (P) Eko Wahjono selaku Komandan Satgaspam Pemilu Koarmada II mengatakan jika pelibatan pasukannya ini merupakan bagian dari rencana kegiatan kesiapsiagaan Koarmada II dalam rangka mendukung Operasi Militer Selain Perang (OMSP) , yakni membantu Polri dalam pengamanan Pemilu 2019, serta dalam rangka mendukung tugas pokok TNI sebagai alat pertahanan negara sebagaimana diamanatkan dalam UU No.34 Tahun 2004.
Sebanyak 2.500 prajurit tergabung dalam Satgaspam Pemilu Koarmada II yang terdiri dari semua unsur satuan dan dinas di jajaran Koarmada II , serta para prajurit dari Lantamal V dan jajarannya yakni Lanal Batuporon, Lanal Malang, dan Lanal Banyuwangi. Para prajurit kebanggaan tersebut siap mengamankan jalannya Pemilu 2019 mulai saat hari “H” hingga selesainya proses penghitungan suara di wilayah kerja masing-masing bersinergi dengan jajaran TNI AD, TNI  AU, dan Polri.
Lebih lanjut Dansatgaspam menerangkan bahwa dalam hal ini pasukannya bersinergi dengan jajaran TNI dan Polri, dimana Satgaspam Pemilu 2019 Koarmada II akan mendukung personel untuk mengamankan 27 wilayah kabupaten di Jawa Timur,  yang terdapat di empat wilayah Korem jajaran Kodam V  Brawijaya.Yakni Korem 081/DSJ, Korem 082/CPYJ, Korem 083/ BDJ,  dan Korem 084/BJ.
Selain itu lanjut Eko-sapaan akrab Dansatgaspam ini, keberadaan unsur KRI juga turut  mengamankan Pemilu 2019, yang ditujukan untuk pencegahan dan pengamanan terhadap tindakan provokatif melalui jalur laut atau wilayah perairan Koarmada II, yang dapat mengganggu kelancaran Pemilu 2019 pada tanggal 17 April 2019, serta pengamanan beberapa objek vital milik negara yang berada di tengah laut.
Adapun unsur KRI yang terlibat pengamanan antara lain KRI Teluk Sampit, KRI Badik , KRI Oswald Siahaan, KRI Fatahillah, KRI I Gusti Ngurah Rai, KRI Arun , dan KRI Pulau Rupat. Unsur KRI tersebut terlibat dalam operasi pengamanan yang tersebar di wilayah kerja Koarmada II, yakni perairan sekitar Banjarmasin dan Kotabaru, Tarakan, Balikpapan, perairan Bitung dan Halmahera, Makassar, kemudian Toli-Toli dan Mamuju, hingga Bali dan Kupang.
Selain unsur KRI, Satgaspam Pemilu Koarmada II juga melibatkan  satu buah helikopter jenis BO-105 HE-4113 yang standby di Lanudal Juanda Surabaya.
Dinas Penerangan Koarmada II. Red
Share.

Comments are closed.