KOAS UNIVERSITAS PATTIMURA AMBON MENERIMA PELATIHAN EVAKUASI MEDIS LAUT

0

Ambon, PW: Mahasiswa Calon Dokter (Koas) Universitas Pattimura Ambon mendapatkan pelatihan Evakuasi Medis Laut (EML) oleh Tim Evakuasi Medis Laut Rumkital dr.F.X. Suhardjo Lantamal IX. Bertindak selaku Ketua Tim Kordinator EML Kapten Laut (K) Agus Wijaya. Selasa, (16/04/2019).

Dalam pengarahannya Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. F.X. Suhardjo Lantamal IX Ambon Letkol Laut (K) dr. Ali Setiawan, Sp.B., mengatakan evakuasi ini merupakan salah satu bagian konsekuensi kita sebagai daerah maritim mengingat kondisi geografis Maluku 92,4 persen wilayahnya merupakan laut, sehingga bermanfaat jika terjadi musibah di laut.

Kegiatan pelatihan ini sangat penting apabila Mahasiswa sudah menjadi Dokter dan berdinas di daerah yang berdekatan langsung dengan laut, sehingga dapat menjadi bekal nantinya apabila diperlukan pertolongan korban tenggelam dan mahasiswa memiliki keahlian di bidang kesehatan bahari serta dapat diaktualisasikan untuk melahirkan tenaga kesehatan berwawasan bahari yang mampu menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan penyelamatan di laut.

Lebih lanjut dikatakan, pelatihan yang diberikan diantaranya materi kesehatan bahari yakni pengenalan alat-alat pertolongan korban di laut dan penanganan korban tenggelam secara perorangan maupun kelompok menggunakan tandu air. Mereka juga diajarkan melakukan resusitasi jantung paru atau tindakan pertolongan pertama pada orang yang mengalami henti napas karena sebab-sebab tertentu.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IX Ambon Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang sangat mengapresiasi kegiatan ini karena program pelayanan kesehatan berbasis kepulauan dalam bentuk latihan evakuasi medis laut tersebut. Hal Ini berdampak meningkatkan wawasan dan kemampuan mahasiswa terhadap upaya pertolongan pertama kepada para korban kecelakaan di laut

Selain itu, mahasiswa juga diajarkan pengenalan motor tempel dan cara pengendalian kapal atau perahu, teknik menaikan korban dari laut ke perahu karet dengan satu maupun dua orang penolong, teknik bertahan hidup di laut dengan cara mengapung dan menunggu (uitemate), Chamber Hyperbarik atau peralatan terapi pengobatan dan kesehatan yang menggabungkan oksigen murni dan tekanan udara di dalam ruang udara bertekanan tinggi (RUBT).

Share.

Comments are closed.