CEK KESIAPAN PENGAMANAN JELANG PEMILU, PANGDAM GELAR VIDCON BERSAMA PARA DANREM JAJARAN KODAM II/SWJ

0

Palembang, PW: Panglima Kodam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., memimpin rapat koordinasi (Rakor) bersama para Danrem yang berada di wilayah Sumbagsel, terkait kesiapan pengamanan jelang hari pencoblosan Pemilu 2019 pada tanggal 17 April 2019. Rakor tersebut dilaksanakan melalui video conference (Vidcon) yang digelar di Ruang Rapat Puskodaldam II/Swj Makodam II/Swj, Palembang.

“Satu hari lagi kita akan menghadapi tahap puncak Pemilu yakni pencoblosan dengan jumlah TPS sangat banyak. Kita harus dapat memberikan rasa aman pada saat penjoblosan kepada masyarakat agar mereka dapat menyalurkan hak suaranya dengan aman dan lancar,” kata Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, Selasa (16/4/2019) saat memimpin rakor tersebut.

Pangdam menekankan, agar seluruh satuan jajarannya melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap wilayah yang dimungkinkan akan terjadi konflik/kecurangan. “Laksanakan koordinasi antar instansi dalam setiap kegiatan, TNI-Polri dan KPU bersinergi untuk menciptakan Pemilu yang aman, sejuk dan damai”, ujarnya.

Berikan jaminan keamanan atas pemilih dalam pelaksanaan Pemilu dan lakukan patroli gabungan untuk memberikan keamanan ditempat yang minoritas dan pusat kegiatan masyarakat”, tegasnya.

Pangdam juga berpesan kepada seluruh jajarannya agar selalu menjaga Netralitas selama melaksanakan tugas pengamanan. “Mengamankan Pemilu adalah Kehormatan. Jaga Netralitas sebagai aparat keamanandengan berpedoman padPancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika”, tandasnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj didampingi oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., bersama para Asisten Kasdam II/Swj serta pejabat Kodam II/Swj yang turut terkait dalam pelaksanaan Pengamanan Pemilu 2019.

Untuk diketahui bahwa, dalam melaksanakan tugas Pengamanan Pemilu 2019, Kodam II/Swj telah mengerahkan pasukannya dengan kekuatan sebanyak 18.700 orang, yang terdiri dari 17.553 orang dari TNI AD, 737 TNI AL dan 410 TNI AU ditambah pasukan cadangan 2.423 orang. Mereka tersebar di seluruh daerah di wilayah Sumbagsel yakni, Korem 041/Gamas, Bengkulu sebanyak 1.972 orang, Korem 042/Gapu, Jambi sebanyak 2.952 orang, Korem 043/Gatam, Lampung sebanyak 3.613 orang, Korem 044/Gapo, Palembang sebanyak 4.250 oran dan Korem 045/Gaya, Bangka-Belitung (Babel) sebanyak 1.003 orang.

Share.

Comments are closed.