Solidnya Pangdam bersama Kapolda Maluku Monitoring Kesiapan Logistik Pemilu 2019

0

Ambon, (15/04) PW: Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq solid bersama Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa,  saat meninjau dan melakukan pemeriksaan logistik Pemilu 2019 serta keamanannya yang berada di Wilayah Pulau Lease (Kecamatan Haruku dan Kecamatan Saparua) Kab. Maluku Tengah. Hal itu dilakukan mengingat Pemilu 2019 tidak lama lagi akan segera digelar, yaitu pada tanggal 17 April nanti.

Turut mendampingi dalam peninjauan tersebut, Asisten Ops Kasdam XVI/Ptm Kol Inf Eppy Gustiawan, Dandim 1504/Ambon Letkol Inf Fendri dan Kapolres P.Ambon dan P.P Lease AKBP Sutrisno Hadi Santoso. Pangdam dan Kapolda bertolak menuju Pulau Haruku menggunakan Hell BKO Kodam XVI/Pattimura.

Setibanya di kantor PPK Kec. Haruku, Rombongan Pangdam dan Kapolda disambut oleh Ketua PPK. Bpk. Gamal Abdul Nasir Latupono SH. Selanjutnya rombongan Pangdam dan Kapolda melaksanakan pengecekan Logistik Pemilu 2019 yaitu Kotak Suara dan Surat suara se-kecamatan Pulau Haruku yang sementara masih diamankan di kantor PPK. Selain itu juga mengecek kesiapan PPK dalam  Penyelenggaraan Pemilu dan Mengecek Jumlah DPT dan TPS secara Umum serta kesiapan Anggota Pengamanan.

Kondisi kotak suara yang berjumlah 520 kotak masih tersegel dan surat suara yang berjumlah 24.189 lembar dalam keadaan aman. Logistik tersebut dijaga oleh 5 orang anggota Polsek Pulau Haruku secara bergantian dibantu oleh anggota Koramil 1504-07/Pulau Haruku, dipimpin oleh Kanit Shabara Pulau Haruku Ipda Tubaka.

Usai melaksanakan peninjauan langsung pendistribusian logistik dan kesiapan pengamanan Pemilu 2019 di PPK Kec. Haruku, rombongan Pangdam dan Kapolda bergerak menuju Kantor Koramil 1504-07/P. Haruku. Dalam arahannya, Pangdam berpesan untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban serta tetap Netralitas dalam pengaman Pileg dan Pilpres 2019.

Hal senada juga ditekankan oleh Kapolda Maluku yang mengatakan, “Jaga kekompakan dan sinergitas antara TNI dengan Polri umumnya, terlebih bagi anggota Koramil  1504-07/ P. Haruku dan Anggota Polsek P. Haruku khususnya”.

Selanjutnya, rombongan Pangdam dan Kapolda bergeser ke Pulau Saparua. Dalam kunjungannya, Pangdam dan Kapolda melihat sarana dan prasarana untuk Pemilu 2019 di wilayah Pulau Lease  sudah siap. Dengan didampingi oleh Camat Saparua Bapak Agustinus Pattiasina,  MBA, Danramil 1504.03 Saparua  Mayor Inf M. Bahri,  Kapolsek Saparua,  AKP Ronny Manawan,  S. Sos. MH dan Danki Satgas BKO Pamrahwan Yonif 711 RKS Kapt Inf Demma, Rombongan Pangdam dan Kapolda menyempatkan diri melihat Benteng Ikonik Pulau Saparua yaitu Benteng Duurstede.

Saat pengecekan, rombongan Pangdam dan Kapolda menyempatkan diri untuk mengunjungi Mako Polsek  Saparua. Disanapun Pangdam dan Kapolda menyampaikan, mengingat  akan diadakan Video conference (Vicon) dengan Menkopolhukam, Panglima TNI dan Kapolri, maka jika ada kendala dan hal-hal yang perlu di sampaikan oleh Anggota selama berada di lapangan, silahkan disampaikan sehingga Kami, sehingga bisa disampaikan ke pimpinan tertinggi.

Share.

Comments are closed.