Bentuk Tim Pengawasan Orang Asing, Asintel Danlantamal X Hadiri Rapat Dengan Kanwil Kemenkumham Papua

0

Jayapura, PW: Asintel Danlantamal X Kolonel Laut (E) Sadikin Rijali menghadiri Rapat Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Provinsi Papua Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kementerian Hukum dan Ham Provinsi Papua, bertempat di Ballroom Cenderawasih 2 Swiss Bell Hotel Jayapura. Senin (25032019).

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menyambung serta mempererat talisilaturahmi antar instansi terkait peserta rapat, akan tetapi yang paling utama adalah unutuk berkoordinasi dan bekerjasama dalam mengawasi, menangani dan menindak keberadaan orang asing yang tinggal dan berkunjung di wilayah Papua. Kegiatan ini di buka oleh Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua, Bapak Hermansyah Siregar, S.H., M.H.

Dalam sambutannya Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua mengatakan pengawasan keberadaan dan kegiatan orang asing sangat diperlukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan seperti mengganggu keamanan dan ketertiban kehidupan masyarakat dan negara.

Merujuk UU RI No. 6 Tahun 2011 pasal 69 ayat (1) dan (2), tentang keimigrasian, untuk melakukan pengawasan keimigrasian terhadap kegiatan orang asing di wilayah Indonesia. Menterian Hukum dan Ham membentuk Tim Pengawasan Orang Asing yang anggotanya terdiri atas Badan dan Instansi pemerintah terkait, baik di pusat maupun daerah.

“Menindaklanjuti ketentuan peraturan tersebut, Kanwil Kemenkumham Papua telah membentuk Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat Provinsi Papua, berdasarkan Skep Nomor W.30.001-IMI.GR.03.02 Tahun 2019 tentang Pembetukan Tim Pengawasan Orang Asing Tingkat Provinsi Papua.”, ujar Bapak Hermansyah Siregar, S.H., M.H.

Tugas Timpora adalah berkoordinasi dan tukar menukar informasi tentang keberadaan dan kegiatan orang asing yang berada di wilayah Papua, sehingga keberadaan orang asing di Papua dapat bermanfaat bagi masyarakat Papua dan mendukung pembangunan nasional.

“Dengan terbentuknya Timpora semoga tercipta hubungan yang sinergis antar instansi terkait yang mempunyai tuas dan fungsi mengawasi kegiatan dan keberadaan orang asing sesuai perannya masing-masing, tanpa ada intervensi dan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan orang asing secara profesional sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.”,Harap Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Asintel Danlantamal X, Asintel Kasdam XVII/Cenderawasih, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Papua, Kaintel Lanud Silas Papare, perwakilan Kejaksaan Tinggi Papua, Korwil Binda Papua, Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jayapura, Kabid Buantas BNNP Papua

Share.

Comments are closed.