Dukung Ketahanan Pangan, Serka Abdullah Dampingi Petani Menyemprot Tanaman Padi

0

Tulungagung – PW: Babinsa Desa Sukorejo Wetan Serka Abdullah anggota Koramil 0807/06 Rejotangan Kodim 0807/Tulungagung melaksanakan pendampingan penyemprotan hama bersama bapak Durasit warga Dusun Sawahan Desa Sukorejo Wetan Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Minggu (24/03/2019).

Serangan hama dapat menyengsarakan para petani, jika tidak dikendalikan petani harus rela jika produksi padi miliknya akan berkurang. Untuk itu, para petani harus melakukan penyemprotan hama secara berkala untuk mengendalikan hama mengingat hama yang menyerang tanaman padi merupakan salah satu kendala bagi petani yang dapat mempengaruhi tingkat produktivitas lahan pertaniannya. Bahkan serangan hama padi bisa mengakibatkan petani gagal panen.

Serka Abdullah dalam pelaksanaan kegiatan ini tidak hanya melakukan penyemprotan saja, tetapi juga memberikan penjelasan kepada petani tentang tata cara penyiapan obat serta cara penyemprotan yang benar sesuai petunjuk dan arahan PPL. Dalam menyiapkan pestisida tidak boleh asal-asalan, hal ini dipegang teguh oleh para petani sesuai anjuran dari PPL. Yang perlu diperhatikan adalah ketepatan dosis Pestisida dan konsentrasi aplikasi pestisida. “Takaran harus seimbang antara dosis, konsentrasi dan volume semprot karena memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan budidaya tanaman padi.” ungkap Serka ABdullah.

Serka Abdullah menambahkan bahwa Babinsa disamping melaksanakan tugas pembinaan wilayah, juga bertugas mendampingi petani dalam upaya peningkatan hasil pertanian. Ia berharap dengan adanya pendampingan penyemprotan seperti pagi ini organisme pengganggu tanaman seperti wereng dapat dikendalikan dan tidak sampai menyebar ke lahan pertanian yang lain, sehingga dapat memaksimalkan hasil pertanian pada musim panen mendatang. “Semoga dengan pelaksanaan kegiatan ini, hama pengganggu tanaman dapat dikendalikan sehingga dapat memaksimalkan hasil pertanian pada musim panen mendatang.” tutup Serka Abdullah. (md/hrm)

Share.

Comments are closed.