KOMANDAN LANTAMAL X MENINJAU PESONA BAWAH LAUT PERAIRAN JAYAPURA

0

Jayapura, PW: Komandan Lantamal X Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika mengajak masyarakat dan generasi muda Jayapura untuk menjaga kelestarian terumbu karang serta menjaga kebersihan pantai dan laut. Dalam mencapai tujuan bersama, yaitu menuju laut yang berkelanjutan dan pengelolaan kelautan dan perikanan untuk kesejahteraan masyarakat, dengan kegiatan menyelam dan snorkling di perairan Teluk Yos Sudarso (Buoy Merah) Jayapura. Sabtu (16/03/2019).

Laut Indonesia adalah pusat kekayaan hayati terumbu karang terpenting di dunia, di mana ada sekitar 569 jenis karang, maka jangan sampai jumlahnya semakin menyusut, musnah, karena perubahan iklim dan tindakan yang tidak bertanggung jawab. Kerusakan terumbu karang banyak disebabkan oleh ketidak pedulian masyarakat akan kelestarian terumbu karang,  seringkali merusak terumbu karang di bawahnya dan melakukan penangkapan ikan dengan bahan peledak.

Salah satu spot yang ditinjau oleh Komandan Lantamal X adalah areal penanaman Tranplantasi Terumbu Karang yang dilaksankan oleh Lantamal X dalam rangka rangkaian peringatan HUT ke-72 Republik Indonesia pada tahun 2017.

Komandan Lantamal X dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini untuk persiapan kegiatan selam Kasal Cup dan PON XX tahun 2020 yang akan dilaksanakan di Papua. Kegiatan selam ini bertujuan untuk pengecekan pertumbuhan dan habitat terumbu karang yang ada diperairan ini agar terus terjaga kelestariannya sehingga sebagai tempat berkembang biaknya habitat laut dan dapat dijadikan obyek wisata bawah air.

Keanekaragaman hayati itu dapat lebih berkembang dan menjadi rumah serta panorama yang indah di dasar laut bagi berbagai macam jenis ikan dan biota laut lainnya, hingga dapat mengubah suatu perairan yang sepi ikan menjadi perairan yang meningkatkan produksi perikanan dan yang paling penting adalah membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan biota laut guna diambil hasilnya dimasa mendatang untuk anak cucu kita.

“Kalau bukan kita siapa lagi, kalau tidak sekarang kapan lagi, mari kita lestarikan keindahan laut kita untuk anak cucu kita nanti dimasa mendatang,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Wadan Lantamal X, para Asisten Danlantamal X, Dansatrol X, Kaprimkopal Lantamal X, perwakilan SAR Jayapura dan perwakilan masyarakat pecinta wisata bahari.

Share.

Comments are closed.