PERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA ,KOARMADA II TURUNKAN KRI MAKASSAR- 590 GELAR BAKSOS DI TUAL

0
Surabaya, PW: Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera pada tanggal 15 Januari 2019  besok,KRI Makassar- 590 dari jajaran Satuan Kapal Amfibi (Satfib) Koarmada II yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Anton Pratomo turut mendukung dalam gelaran bakti sosial (baksos) di wilayah Tual. Maluku. Senin (14/01/2019). TNI Angkatan Laut akan menggelar Bakti Sosial di tiga lokasi diantaranya Kota Tual, Provinsi Maluku. Selain Kota Tual, baksos serupa juga dilakukan di wilayah Pandeglang Banten dan Kalianda Lampung Selatan, yang baru saja terdampak tsunami.
Satgas Baksos akan berada di Tual, dari tanggal 13 s.d 16 Januari 2019, dengan membawa 1.500 paket sembako, 500 dus air mineral, perlengkapan sekolah, perlengkapan olahraga, bahan kontak seperti Pamflet, Kalender TNI AL, serta Perlengkapan Ibadah. Baksos di Tual meliputi kegiatan  Khitanan Massal 300 orang, Pengobatan Umum 500 Pasien dan Penyuluhan Kesehatan, Penyerahan Bahan Kontak Sembako 1.500 Paket Sembako, Komsos Keluarga Besar TNI Angkatan Laut, Komsos Sekolah (Pembekalan).
Selain itu juga ada Penyerahan Perlengkapan Sekolah, Penyerahan Kitab Suci Alquran dan Alkitab, Pemutaran Film Dokumenter TNI AL, dan Penyerahan Peralatan Olahraga. Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah demi terwujudnya Kemanunggalan TNI AL dan Rakyat dalam mewujudkan lndonasia yang berdaulat melalui Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan serta menumbuhkan cinta maritim dikalangan generasi muda.
Sedangkan sasaran dari kegiatan ini diharapkan:
– Terlaksananya pembinaan sumber daya manusia sebagai potensi demografl dalam membentuk alat juang yang tangguh.
– Terlaksananya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.
– Terlaksananya Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam mendukung kemampuan pertahanan semesta.
– Terbentuknya karakter maritim generasi muda Indonesia dalam mendukung program pemerintah Poros Maritim Dunia.
Untuk melaksanakan kegiatan Baksos ditiga wilayah ini, TNI AL mengerahkan kurang lebih 200 personel yang didukung oleh 3 unsur KRI, 10 unit truk dari Koarmada I, 10 truk dari Kormar, 2 truk dari Dispotmar dan Pangkalan Angkatan Laut Tual, serta puluhan Kendaraan Taktis guna memudahkan operasional di lapangan.
Hari Dharma Samudera rutin diperingati khususnya di jajaran TNI AL pada setiap tahunnya guna mengenang peristiwa heroik Pertempuran Laut Arafuru. Dalam peristiwa tersebut telah gugur sang patriot bangsa Komodor Yos Sudarso bersama dengan tenggelamnya KRl Matjan Tutul serta awak kapal tersebut di wilayah laut Arafuru pada 15 Januari 1962. Pada Puncak Peringatan Hari Dharma Samudera 15 Januari 2019 nanti, seluruh satuan maupun unsur TNI AL yang sedang melaksanakan operasi di dalam maupun di luar negeri, akan menggelar upacara serta tabur bunga.*Red
Share.

Comments are closed.