PERINGATI HARI DHARMA SAMUDRA LANAL MOROTAI GELAR BERSIH-BERSIH PANTAI DAN KARYA BAKTI

0

Morotai Selatan,PW: Pangkalan TNI AL (Lanal) Morotai menggelar kegiatan Bersih-bersih Pantai dan Karya Bakti (Karbak) dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudra tahun 2019. Peringatan Hari Dharma Samudra ini bertemakan “Dengan Semangat Pertempuran Laut Aru Kita Wujudkan Terciptanya Pengendalian Wilayah Pertahanan Laut Yang Tangguh”. Bersih-bersih pantai dan Karya Bakti ini bertempat di Resort D’Aloha Jababeka, Desa Juanga, Kecamatan Morotai Selatan, Kab. Pulau Morotai.

Selain itu Lanal Morotai memberikan Pembekalan Saka Bahari untuk seluruh siswa-siswi Pramuka yang berada di Mako Lanal Morotai, hal ini bertujuan untuk mengenang semangat  jasa pahlawan Komodor Yos Sudarso, berawal dari tenggelamnya motor torpedo boat kelas Jaguar RI Matjan Tutul pada 15 Januari 1962 dalam Pertempuran Laut Aru saat menyelesaikan misi Operasi Trikora.

Dalam misi untuk membebaskan Irian Barat itu, bersama 25 awaknya, Komodor Yos Sudarso gugur setelah kapalnya tenggelam akibat dihantam dua torpedo kapal patroli Armada Laut Belanda. Yos Sudarso meninggal di umur 36 tahun. Setelah gugur, pemuda kelahiran Salatiga, Jawa Tengah, 24 November 1925, ini pun dijadikan Pahlawan Nasional. Namanya kemudian diabadikan sebagai nama Pulau (yang terletak di Merauke, dekat perbatasan dengan Papua Nugini), nama salah satu KRI (kelas Fregat, bekas AL Belanda) jalan dan sekolah.

Dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan karya bakti ini diikuti oleh seluruh prajurit Lanal Morotai, Jalasenastri Korcab XIV, siswa dan siswi Pramuka tingkat SMA se-Daruba, dan Karyawan PT. Jababeka. Selain itu dalam rangkaian memperingati Hari Dharma Samudera ini juga akan dilaksanakan upacara dan doa bersama untuk mengenang pertempuran Laut Arafuru yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Januari 2019.

Share.

Comments are closed.