LANTAMAL IX BERSIH – BERSIH PANTAI HALONG

0

Ambon,PW: Memperingati hari Dharma Samudera dan hari ulang tahun ke – 52 tahun 2019, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menggelar aksi bersih Pantai dan laut terpusat di sepanjang Pantai Teluk Dalam Ambon Kompleks Lantamal IX Ambon. Jumat (11/01/2018).

Kegiatan melibatkan sekitar 400 personel dari Lantamal IX, Yonmarhanlan IX dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Lantamal IX serta SMP Yayasan Hang Tuah Cabang Ambon bertujuan untuk wujudkan pantai bersih lestari dan laut biru. Para peserta di bagi menjadi tiga tim mulai menyisir pantai dan memungut sampah – sampah yang ikut hanyut terbawa arus di laut maupun didarat. Sedangkan sektor pembersihan laut menggunakan perahu karet.

Komandan Lantamal IX Laksamana Pertama TNI Antongan Simatupang yang hadir pada kegiatan bersih pantai tersebut mengatakan kegiatan serupa rutin digelar oleh Lantamal IX, bukan hanya dalam rankaian peringatan hari Dharma Samudera yang sedang dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kebersihan laut dan pantai, dengan harapan dapat mengurangi masalah pencemaran lingkungan yang diakibatkan sampah yang dapat merusak ekosistem di laut dan sekitarnya.

Pada kesempatan itu, Danlantamal IX mengajak kepada keluarga besar Lantamal IX dan seluruh masyarakat pesisir khususnya di pemukiman padat penduduk untuk terus menjaga kebersihan laut dan pantai dengan tidak membuang sampah di laut.

Adanya sampah di pesisir pantai dan laut secara langsung akan merusak ekosistem yang ada disekitarnya. Untuk itu, kegiatan bersih pantai dan laut ini, merupakan salah satu upaya Lantamal IX dalam hal meningkatkan kesadaran masyarakat agar selalu menjaga kebersihan pantai dan laut

Share.

Comments are closed.