Perang obor tradisi leluhur Budaya Kabupaten Jepara

0
12
views

Jepara, PW – Perang Obor atau disebut jugaobor-oboran, merupakan salah satu upacara tradisional yang dimiliki oleh masyarakat Kabupaten Jepara, khususnya Desa Tegalsambi,Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara. Perang Obor rutin digelar setiap pada Senin Pahing, malam Selasa Pon di Bulan Dzulhijjah dalam kalender Jawa atau Arab. Bertempat di desa Tegalsambi kecamatan Tahunan kabupaten Jepara telah dilaksanakan kegiatan perayaan Sedekah Bumi dan Perang Obor dengan tema “Mewujudkan desa Tegalsambi Gemah Ripah Loh Jinawi, Rukun Agawe Santosa”, yang di hadiri sekitar 10.000 penonton, Senin malam (20/08/2018).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Jepara yang di wakili asisten II Bapak Mulyadi, Kapolsek Tahunan AKP Samai, Plt Danramil 11/Tahunan Pelda Apriyanto, Jajaran Muspika Kecamatan Tahunan, Petinggi desa Tegalsambi beserta perangkat, Eks Bupati Jepara Drs Hendro Martoyo, Petinggi se-Kecamatan Tahunan.

Dalam kesempatan tersebut, Petinggi desa Tegalsambi Agus Santoso menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu dan pengunjung yang sudah hadir di acara Sedekah Bumi dan Perang Obor desa Tegalsambi, semoga acara ini dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi kita semua. Sehari sebelum acara perang obor kita telah melaksanakan ziarah ke makam leluhur desa Tegalsambi. Perayaan ini di laksanakan semata mata untuk menjaga tradisi leluhur yang sudah turun temurun di laksanakan.dan merupakan budaya satu-satunya yang ada di Jepara bahkan Indonesia.

Sementara Asisten II Bapak Mulyadi menyampaikan permohonan maaf karena Bapak Bupati Jepara H Ahmad Marzuqi SE tidak bisa hadir langsung karena ada kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan. Pemkab Jepara mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara dan Petinggi desa Tegalsambi karena sudah memelihara tradisi dan budaya di kabupaten Jepara. Penghargaan yg setinggi tingginya juga kami ucapkan atas prestasi desa Tegalsambi pada tahun 2018 menjuarai lomba arsip tingkat Jateng.(Ambar)

Share.

Comments are closed.