Bersama Forkompinda DIY, Palaksa Lanal Yogyakarta Hadiri Pengukuhan Paskibra DIY

0
10
views

Yogyakarta (16/8), PW: Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta beserta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DIY secara sinergi melaksanakan upaya Pembinaan Bela Negara dan rasa nasionalisme bagi generasi muda Indonesia, khususnya kepada pelajar terpilih dari berbagai SMA wilayah Yogyakarta yang tergabung dalam  Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Provinsi DIY.

Pengukuhan Paskibra Provinsi DIY secara resmi dilaksanakan dalam sebuah upacara resmi bertempat di ruang Kesenian Istana Negara RI Gedung Agung Yogyakarta pada Rabu (15/08/2018).

Bertindak selaku Pembina Upacara Pengukuhan tersebut adalah Komandan Korem 072 Pamungkas Yogyakarta, Brigjen TNI M. Zamroni, S.Ip yang juga dihadiri Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R. Haryo Wiji Pratomo, S.H, M Mar Stud, adapun turut hadir pejabat unsur Forkopimda serta pejabat SKPD Provinsi DIY.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya yang dibacakan Danrem 072 Pamungkas selaku Pembina Upacara antara lain bahwa menjadi kebanggaan kepada generasi muda yang telah tergabung dalam Paskibra Provisi DIY, semua atas semangat dan disiplin yang tinggi, hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan tersendiri juga untuk orang tua dan keluarga, agar melaksanakan tugas mulia mengibarkan bendera pusaka Sang Merah Putih karena tidak semua orang bisa menjadi anggota Paskibra.

Rangkaian upacara Pengukuhan Paskibra Provisi DIY dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta, mengheningkan cipta, pembacaan Ikrar Paskibra, penyematan Pin Garuda Merah Putih, sambutan Gubernur DIY yang dibacakan Pembina Upacara, pembacaan doa serta pemberian ucapan selamat kepada Paskibra.

Paskibra Provisi DIY tersebut akan melaksanakan tugas dan kewajibannya mengibarkan dan menurunkan bendera Sang Saka Merah Putih dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-73 Tahun 2018 di halaman Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta pada tanggal 17 Agustus 2018 dengan peserta pasukan upacara oleh unsur TNI Polri, instansi dan dinas pemerintah serta organisasi kepemudaan dan masyarakat Yogyakarta.

Share.

Comments are closed.