Rekonsiliasi Internal Semester I TA 2018 UO TNI AL di Lantamal VI

0
10
views
Makassar, PW: Rekonsiliasi Internal badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik berlangsung di Lantamal VI dan bertempat di gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal VI, Kamis (12/07/2018). Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Keuangan Angkatan Laut (Diskual) ini dalam rangka pencocokan dan penelitian serta melakukan perbandingan data dokumen dari badan/unit akuntansi terkait untuk menilai kesesuaian/kewajaran data dalam rangka proses rekonsiliasi internal serta data dukung laporan keuangan semester I TA 2018.
Dalam sambutan pembukaan Kepala Dinas Keuangan Angkatan Laut (Kadiskual) Laksamana Pertama TNI Djoko Erwan P. M.Tr. (Han), CFrA  disampaikan bahwa_ rekonsiliasi yang dilaksanakan saat ini adalah rekonsiliasi internal berkaitan dengan realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang bersumber dari DIPA Pusat maupun DIPA Daerah. Hal ini dimaksudkan antara lain sebagai upaya mensinkronisasikan data keuangan antara badan keuangan, badan perencanaan dan badan logistik terkait dengan realisasi pendapatan dan belanja negara serta pelaksanaan pencatatan transaksi persediaan dan barang miliki negara. Hal-hal yang dibutuhkan dalam menghasilkan laporan keuangan yangberkualitas dan dapat dipertanggung jawabkan salah satunya adalah pelaksanaan rekonsiliasi yang saat ini dilaksanakan, hal ini  juga merupakan rekomendasi BPK RI atas hasil audit laporan keuangan Kemhan RI/TNI TA.2017”.
Selanjutnya, dalam sambutan Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Laksamana Pertama TNI Dwi Sulaksono, S.H., M. Tr (Han) yang dibacakan oleh Aspers Danlantamal VI Kolonel Laut (S) Mulyawan SE menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan saat ini pada hakekatnya merupakan proses pencocokan data transaksi keuangan melalui beberapa sistem/sub system yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama dilingkungan Kemhan dan TNI.
“Sasaran yang ingin dicapai dari pelaksanaan rekonsiliasi ini adalah terwujudnya laporan keuangan unit organisasi TNI AL guna mencapai penilaian opini BPK yang lebih baik dan dalam rangka menindaklanjuti temuan BPK terkait rekonsiliasi internal sebagai data dukung untukpenyusunan laporan keuangan yang berkualitas” kata Aspres Danlantamal VI membacakan sambutan Danlantamal VI. Rekonsiliasi Internal yang digelar Diskual tersebut diikuti peserta dari Mako Lantamal dan Lanal di bawahj jajarannya antara lain Lantamal VI, VIII, IX, X, XI, XIII dan XIV serta Tim Asistensi Simak BMN dari Slogal/Ban VI BMN serta Perwakilan dari Itjenal.*Red
Share.

Comments are closed.