KADISMINPERS LANTAMAL XIV MEMBERIKAN KAUSRI AGAMA PADA PRAJURIT LANTAMAL XIV

0
Views:
24

Sorong, 12 Juli 2018. Kadisminpers Lantamal XIV Letkol Laut (KH) Drs. Heri Puwanto, M. Pd. memberikan kausri agama Islam dengan materi tata cara memandikan dan mensholatkan jenazah. Kausri Agama Islam ini bertempat di Masjid Nurul Bahar Mako Lantamal XIV Jl. Puncak Arfak, No. 01 Sorong, Papua Barat.

Kadisminpers Lantamal XIV menjelaskan, intinya “Jenazah (Mayat atau Jasad) adalah orang yang telah meninggal dunia. Setelah proses pengurusan jenazah, termasuk di dalamnya memandikan, mengkafani, dan menyolatkannya, atau proses lainnya berdasar ajaran agama masing-masing, biasanya mayat dikuburkan. Proses pengurusan jenazah ini biasanya dilakukan oleh keluarga jenazah dengan dukungan pemuka agama”.

“Setiap orang muslim yang meninggal dunia harus dimandikan, dikafani dan dishalatkan terlebih dahulu sebelum dikuburkan terkecuali bagi orang-orang yang mati syahid. Hukum memandikan jenazah orang muslim menurut jumhur ulama adalah fardhu kifayah. Artinya, kewajiban ini dibebankan kepada seluruh mukallaf di tempat itu, tetapi jika telah dilakukan oleh sebagian orang maka gugurlah kewajiban seluruh mukallaf”.

Lanjutnya “Suatu saat besok kita semua akan memandikan dan mensholatkan jenazah seseorang baik itu orang tua kita, orang lain, ataupun keluarga kita. Salah satu memandikan jenazah adalah ada tubuh jenazah, maupun bila ada korban kecelakaan jenazah yang anggota tubuhnya terpisah bisa dengan dikumpulkan atau dijahitkan terpasang yang penting tidak terpisah”.

“Dari kausri agama praktek ini bisa kita ambil hikmah bila di komplek atau tempat lingkungan hidup kita ada jenazah kita sudah bisa dan siap untuk memandikan serta mensholatkan jenazah tersebut, jangan sampai tidak ada yang memandikan dan mensholatkan”. Kausri Agama ini dihadiri oleh Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Lantamal XIV yang beragama Muslim.

*Kabagpen Lantamal XIV Letda Laut (KH) Ado Awan D, S.Sos

Share.

Comments are closed.