BABINSA MENERIMA PENYULUHAN DARI BADAN PENYULUHAN PERTANIAN TENTANG PENELITIAN KEASAMAN TANAH

0
14
views

Sorong, PW: Kegiatan bidang teritoral Koramil 1704-01/ Sorong Timur Babinsa Pos Ramil Aimas Peltu Tugimin bersama anggota Babinsa lainnya menerima penyuluhan dan arahan dari Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) tentang Penelitian Keasaman Tanah dan cara pemberian pupuk pada tanaman padi dilahan Ketahanan Pangan Kodim 1704/Sorong di Jalan Bandara Kelurahan Klamalu Distrik Mariat Kabupaten Sorong, Rabu (11/07/2018).

Hadir dalam kegiatan tersebut Bpk Iriyanto SP. Mma. (Kepala BPP Kab Sorong), Bpk Pajala SP (PPL Mariat), Ibu Yunice (PPL Mariat), Ibu Suralin (PPL Mariat), Ibu Margareta Endan (PPL Mariat), Ibu Milka Sapang (PPL Mariat), Bpk Ladino (PPL Mariat) dan Mahasiswa PKL dari STTP Manokwari.

Dalam penyuluhan tersebut Bapak Iriyanto SP. Mma. (Kepala BPP Kabupaten Sorong) mengatakan wilayah Kelurahan Klamalu Distrik Mariat termasuk wilayah bercurah hujan tinggi kondisi tersebut menyebabkan tercucinya basah dari kompleks serapan dan hilang melalui air drainase. Akibatnya, tinggal kation Al dan H sebagai kation dominan yang menyebabkan tanah bereaksi masam. Dalam hal ini pemberian pupuk yang mengandung belerang seperti amonium sulfat perlu sekali mendapat perhatian, jika akan diberikan pada tanah masam,’’ Jelasnya.

Setelah mengikuti penyuluhan, “Kami sangat mengapresiasi penyuluhan ini, karena warga masih banyak yang belum tahu tentang ilmu-ilmu seperti ini dan kami akan sosialisasikan kembali kepada kelompok tani yang ada di wilayah Kelurahan Klamalu Distrik Mariat ini,’’ Ujar Babinsa.

Share.

Comments are closed.