ASOPS DANLANTAMAL XIV ADAKAN SIDAK KESELAMATAN KAPAL DI PELABUHAN RAKYAT SORONG

0
6
views

Sorong, 12 Juli 2018. Asops Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Rapy Ta’dung, S. E. didampingi Kepala Bidang Keselamatan Navigasi dan Pelayaran Sorong Bpk. Ramadhan Harahap adakan sidak keselamatan kapal yang bertempat di Pelabuhan Rakyat (Pelra) Kota Sorong. Sidak tersebut pengecekan antara lain alat keselamatan kapal yaitu life jacket dan pemadam kebakaran. Selain melaksanakan sidak juga mengadakan sosialisasi keselamatan kapal.

Kegiatan tersebut dihadiri Paban Tahwil Tas Potmar Letkol Laut (P) I Gusti Putu Wisnawan, M. Tr (Hanla), Kadiskum Lantamal XIV Letkol Laut (KH) Ishaq Djamil, S. H., Kasi Opslat Sops Satrol Lantamal XIV Mayor Laut (P) Eko Puji Kusumawanto, Dankal Wayag Kapten Laut (P) Erwin Londang, Kasubag tata usaha KSOP Bpk Farid, dan Kasi status hukum kapal Bpk. Afni.

Sidak dan sosialisasi keselamatan kapal ini dilaksanakan karena  beberapa bulan akhir lalu banyak terjadi kecelakaan di laut yang banyak memakan korban jiwa, oleh sebab itu untuk mengantisipasi hal tersebut perlu adanyan alat keselamatan kapal yang memadahi, dan mengerti cara menggunakan alat-alat keselamatan kapal.

Asops Danlantamal XIV menyampaikan “Sidak ini dilaksanakan untuk mengantisipasi bila ada kejadian kecelakaan dilaut, kita dapat menangani, kita akan melaksanakan pemeriksaan tiap kapal kedepannya untuk kelengkapan peralatan keselamatan dilaut, semoga kejadian-kejadian yang baru-baru saja terjadi di laut kita, tidak terjadi dan terulang kembali”.

Kadiskum Lantamal XIV menyampaikan “Saya mengingatkan yang terkait dengan dokumentasi kapal jangan sampai kurang dokumentasi yang melanggar hukum, surat-surat kapal dilengkapi apabila pada saat sewaktu-waktu ada pemeriksaan sudah lengkap dan aman”.

Paban Tahwil Tas Potmar menyampaikan “Kejadian yang sering terjadi kecelakaan di laut akhir-akhir ini menjadi perhatian kita, bila kita tidak melengkapi kelengkapan keselamatan ini sangat berbahaya untuk ABK maupun penumpang kapal. Minimal kita harus melatih ABK cara menggunakan alat pemadam kebakaran dan juga cara menggunakan life jacket.

*Kabagpen Lantamal XIV Letda Laut (KH) Ado Awan D, S.Sos

Share.

Comments are closed.