Pererat Silaturahmi, TNI-Polri Buka bersama dengan Forkopimda Maluku dan Masyarakat

0
7
views

Ambon, (11/06) PW: Bertempat di Baileo Slamet Riyadi Korem 151/Binaiya, Ambon, Kodam XVI/Pattimura menggelar Safari Ramadhan 1439 H dengan Pemerintah Provinsi Maluku,Polri dan Masyarakat dalam suasana yang penuh kekeluargaan serta kebersamaan dengan mengusung tema ”Aktualisasi Nilai-Nilai Puasa Untuk Mengembangkan Kasih Sayang dan Memperkuat Ketahanan Sosial Sesama Orang Basudara Dalam Rangka Mewujudkan Pilkada Yang Damai, Bermartabat dan Demokratis”.

Hadir pada kegiatan tersebut Plt. Gubernur Maluku Dr. Zeth Sahubarua, SH. MH beserta Pejabat Pemda Provinsi Maluku, Kapolda Maluku Irjen POL. Andap Budhi Revianto. S.I.K beserta Pejabat Utama Polda Maluku, Wadan Lantamal IX Ambon Kol. (Mrn) Supriyono mewakili Danlantamal IX/Ambon beserta Pejabat Utama Lantamal IX Ambon, Danlanud Pattimura Ambon Kol (Pnb) Antariksa Anondo, SE, M .Tr. (Han)  beserta Pejabat Utama Lanud Pattimura, Kabinda Maluku Brigjen TNI Drs. Agus Yulianto, Kasdam Brigjen TNI Tri Soewandono, Irdam Kolonel Arh Karev Marpaung, Danrem 151/Binaiya Kolonel Inf Christian Kurnianto Tuhuteru, Para Perwira Ahli, Perwira LO AL dan AU, Para Asisten dan Kabalak serta Komandan Satuan Jajaran Kodam XVI/Pattimura, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVI/Pattimura Ny. Ngesti Suko Pranoto beserta pengurus, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat dan Tokoh Adat wilayah Maluku serta DR. H. Muhammad Shodik, M.Pd., Kabag Penamas Kakanwil Agama Provinsi Maluku, selaku Penceramah.

Acara buka Puasa bersama ini dilaksanakan untuk mempererat tali silaturahmi, sarana untuk mendekatkan dan saling mengenal antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat di wilayah Maluku. Kegiatan diawali dengan Pembacaan Al Qur’an dan Saritilawah dan dilanjutkan dengan sambutan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto. Dalam kesempatan itu, Pangdam XVI/Pattimura memberikan apresiasi terhadap sinergitas TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen masyarakat, karena berkat kerjasama tersebut, wilayah Maluku sampai saat ini tetap dalam keadaan aman, tentram dan damai.

Hal ini dapat dilihat dari beberapa kegiatan yang dilaksanakan TNI/Polri dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat yang mana mereka saling bekerjasama untuk mengatasi persoalan-persoalan yang berpotensi terjadinya konflik di masyarakat. Ini menunjukkan bahwa sinergitas di wilayah Maluku saat ini cukup baik dan harmonis. “Oleh karenanya, mari kita jaga hubungan yang baik ini dengan terus berupaya membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Maluku, mengingat tanggal 27 akan diselenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Maluku, Provinsi Maluku Utara, Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara, Kita semua tentu berharap pelaksanaan Pilkada ini dapat berjalan aman, tertib dan lancar”, ujar Pangdam. ” Marilah kita perkuat ketahanan sosial sesama orang basudara dalam rangka mewujudkan Pilkada yang damai, bermartabat dan demokratis”, Tegas Pangdam.

Sedangkan Plt. Gubernur Malukudalam sambutannya mengingatkan di fase terakhir Ramadhan untuk melaksanakan puasa dengan baik agar terhindar dari hawa nafsu, karena hawa nafsu salah satu penyebab perkelahian baik antar kampung maupun golongan, kadang-kadang nafsu juga dapat menghilangkan rasa cinta satu dengan yang lain. “Semoga dengan ibadah puasa yang telah dilaksanakan umat muslim ini dapat mengembalikan fitrah (kesucian) dan membebaskan diri dari hawa nasfsu”, pungkas Plt Gubernur. Dalam kegiatan ini, juga diserahkan tali asih berupa bingkisan dan sejumlah uang kepada anak-anak yatim Panti Asuhan yayasan Isahaka Ambon. (Pendam16)

Share.

Comments are closed.