Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lanud Rsn

0
Views:
26

Pekanbaru, PW: Segenap personel Lanud Roesmin Nurjadin dan Yonko 462 Paskhas mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Apron Baseops Lanud Rsn dengan Inspektur Upacara (Irup) Danwing 6 Lanud Rsn Kolonel Pnb Azhar Aditama, mewakili  Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI T.B.H Age Wiraksono, S.IP., M.A., Jum’at (1/6). Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya yang dibacakan Danwing menyampaikan bahwa selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia, juga sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika, dan Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

“Pancasila merupakan berkah indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia, yang diuraikan pertama kali secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945”, lanjut Presiden RI Joko Widodo. Pada bagian lain sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengatakan peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. “Marilah kita terus amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia”, ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Presiden RI Joko Widodo mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam kesehariannya. “Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya”, tutup Presiden RI Joko Widodo.*Red

Share.

Comments are closed.