Pangdam IM sebagai Irup dengan Pakaian Adat Aceh

0
Views:
31

Aceh Besar, PW – Panglima Kodam Iskandar Muda, Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. selaku Inspektur Upacara, menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 101 di wilayah Kodim 0101/BS di lapangan sepak bola Desa Aneuk Glee Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, Kamis (3/5/2018).

Uniknya, jenderal bintang dua ini menggunakan pakaian adat Aceh yaitu menggunakan Meukeutop (tutup kepala) dan Sileuweu (songket) kesultanan atau kerajaan Aceh lengkap dengan rencongnya.

Komandan Kodim 0101/BS, Kolonel Inf Iwan Rosandriyanto,S.IP., menjelaskan, pakaian adat Aceh yang digunakan Pangdam IM sebagai salah satu wujud, untuk mengangkat kearifan lokal yang ada di Aceh.

“Khusus acara penutupan TMMD di wilayah Kodim 0101/BS, kami sengaja tampil beda yakni Irup menggunakan pakaian adat Aceh,” kata Dandim 0101/BS selaku Dansatgas TMMD.

Menurut Dandim, Indonesia terdiri dari puluhan Provinsi dan beragam suku bangsa yang mewarnai dari sabang sampai Marauke. Salah satu identitas kesukuan dalam kemajemukan bangsa Indonesia adalah dengan adanya pakaian adat. Seperti daerah lainnya, Aceh juga tentunya memiliki pakaian adat khusus yang memiliki nilai dan penuh sarat makna.

“Apalagi, Pangdam IM Mayjen TNI Abdul Hafil Fuddin, S.H., S.I.P., M.H. dari putra Aceh yakni kelahiran Aceh. Sehingga hal ini menjadi kebanggan tersendiri,” tutup Komandan Kodim 0101/BS, *Red

Share.

Comments are closed.