KEMBANGKAN KEPEMIMPINAN BERKARAKTER, TARUNA AAL TINGKAT III LAKSANAKAN LATPIM

0
42
views
Surabaya, PW: Sebanyak 119 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan ke-64 melaksanakan Latihan Kepemimpinan (Latpim) selama empat hari mulai tanggal 20 hingga 23 Maret 2018 di Bumi Perkemahan Cinta Alam Indonesia (CAI) Kosambi Wojo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Kedatangan para Taruna AAL beserta Kadeppim AAL Kolonel Marinir Binsar P. Nainggolan, S.E. selaku Pimpinan Latihan dan staf latihan disambut oleh Sekretaris Kecamatan Wonosalam  Solahudin, S.H.,M.Si. di pendopo Wonosalam. Usai acara penyambutan dilanjutkan limed menuju perkemahan Bumi Cinta Alam Indonesia Kosambi Wojo.
Tujuan latihan ini bagi Taruna AAL adalah untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepemimpinan dalam rangka mengembangkan sikap dan karakter kepemimpinan sebagai prajurit matra laut. Setelah melaksanakan latihan ini, Taruna AAL diharapkan mampu mengenali dan menampilkan potensi diri, mampu mengenali dan menerima potensi orang lain, pembangunan tim dan pengembangan kerjasama antar kelompok serta memiliki sikap kepemimpinan pada aspek jasmani, energik, memiliki kemampuan berkomunikasi, optimis, percaya diri, dan sikap cinta tanah air dan bangga sebagai prajurit matra laut.
Sedangkan materi latihan diantaranya yaitu pengenalan potensi diri, NAC (Neuro Asociative Conditioning) yang meliputi materi tim spirit, pujian penghargaan, semangat dan percaya diri, penyebab sikap dan teknik acak, anchoringswiss pattern, komunikasi karisma, kiat-kiat sukses serta berbagai materi outbound dan games race. Dalam latihan ini banyak nilai-nilai luhur yang ditanamkan kepada seluruh Taruna, diantaranya bahwa pada diri seorang pemimpin harus memiliki ciri yang melekat sepanjang masa, seperti sifat jujur, komitmen, pemberani, percaya diri, bijaksana dan pengambil keputusan yang tepat.*Red
Share.

Comments are closed.