Pangdam II/Swj Resmikan Sanggar Saka Wira Kartika Sultan Mahmud Badaruddin II Kodam II/Swj

0
29
views

Palembang, PW: Panglima Kodam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos. meresmikan Sanggar Saka Wira Kartika Sultan Mahmud Badaruddin II Kodam II/Swj yang langsung dipergunakan untuk menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika Kodam II/Swj Tahun 2018 bertempat di komplek Garuda Putra KM 5 Palembang, Sabtu (24/2/2018).

Mayor Jenderal TNI AM. Putranto, S.Sos. mengatakan, Saka Wira Kartika yang digagas TNI AD bertujuan untuk menumbuhkan dan membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa, serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Dalam wadah ini, para pemuda yang tergabung dalam Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, ditempa rasa kecintaannya kepada tanah air, semangat rela berkorban dan kesadaran Bela Negaranya. Prajurit TNI juga akan membekali para pemuda dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat,” ujar Pangdam II/Swj.

Lebih lanjut Pangdam II/Swj mengajak para generasi muda melalui kegiatan Pramuka untuk dapat berkarya yang lebih baik untuk bangsa dan negara. Gerakan Pramuka merupakan salah satu langkah yang sangat strategis untuk menangkal pengaruh buruk modernisasi di kalangan pemuda. Penyakit sosial seperti radikalisme, menguatnya paham hedonisme dan individualisme serta penyebaran Narkoba merupakan beberapa contoh pengaruh buruk modernisasi yang berpotensi merusak generasi muda dan pada akhirnya menghancurkan bangsa Indonesia. “Pramuka menjadi pintu masuk bagi Angkatan Darat untuk membangun benteng yang kokoh di dalam diri para pemuda sehingga mampu menghalau berbagai pengaruh negatif,” tegas Pangdam.

Dalam rombongan Pangdam II/Swj turut hadir mantan Kasum TNI Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo. Dalam kesempatan ini, Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo yang pernah menjadi Kepala Kwarda Timor Timur sempat memberikan arahan kepada seluruh peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodam II/Swj Tahun 2018 yaitu melalui kegiatan Pramuka ini para pemuda dapat belajar bersama mencintai lingkungan dan alam serta belajar tentang kebersamaan dalam perbedaan. “Ajak teman-teman ikut bergembira bersama menikmati perbedaan melalui kegiatan Pramuka, dengan perbedaan kita bisa bersatu untuk membangun negara yang kita cintai ini,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, sebagai generasi muda hindari narkoba, karena dengan narkoba akan merusak seluruhnya. Untuk itu, sebagai generasi muda harus selalu bergembira melalui kegiatan Pramuka. “Isilah hari-hari mudamu dengan kegembiraan melalui kegiatan Pramuka,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut mantan Kasum TNI Letjen TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo beserta Istri, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, SH.MH., Irdam II/Swj, para Asisten Kasdam II/Swj, para Dan/Kabalakdam II/Swj, Dandim 0418/Palembang, para Kasiter Korem dan Kodim jajaran Kodam II/Swj, Pembina Pramuka Prov. Sumsel, para Pembina Kwarcab dan Kwarran se wilayah Kodam II/Swj, Ketua persit KCK PD II Sriwijaya beserta pengurus dan peserta Persami Pramuka Saka Wira Kartika Kodam II/Swj Tahun 2018.*Red

Share.

Comments are closed.