Uji Coba Foam Nusantara Gapo 44 Produksi 2016 Tetap Efektif Memadamkan Api

0
16
views

Palembang, PW: Personel Korem 044/Gapo melaksanakan uji coba sekaligus pelatihan dengan menggunakan peralatan pemadaman kebakaran berupa Foam Nusantara Gapo 44 (Busa pemadam api) yang dipimpin langsung oleh Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo, S.IP. bertempat di lapangan Markas Korem 044/Gapo, Rabu (14/2/2018). Nusantara Gapo 44 merupakan teknologi pemadam kebakaran berbahan bakar busa dengan cara mengisolasi masuknya udara dalam proses terjadinya kebakaran (api) dengan menutupi permukaan benda yang terbakar sehingga api tidak mengalir (terputusnya aliran oksigen). Kelebihan Nusantara Gapo 44 dibanding dengan bahan lain adalah tidak membutuhkan air banyak pada saat memadamkan api, tidak membutuhkan tempat/wadah besar atau hanya memerlukan wadah yang ringkas, waktu pemadaman yang relatif sangat cepat baik api tipe A maupun tipe B dan tidak mengandung sulfur sehingga ramah lingkungan.

Dalam uji coba kali ini diikuti oleh perwakilan dari personel Kodim jajaran Korem 044/Gapo dan dihadiri oleh para Kasi Korem dan Kabalakrem 044/Gapo. Dan yang digunakan dalam uji coba merupakan Nusantara Gapo 44 produksi tahun 2016. Setelah dilakukan uji coba ternyata Nusantara Gapo 44 produksi tahun 2016 yang digunakan masih tetap tidak ada perubahan dan tetap dapat digunakan sebagai mana mestinya, walaupun sudah lama diproduksi, Nusantara Gapo 44 masih dapat bekerja dengan baik untuk memadamkan api secara cepat karena busa yang dihasilkan masih melimpah sehingga dengan cepat menutup api dan memadamkannya.

Pada kesempatan tersebut Komandan Korem 044/Gapo mengatakan, uji coba dan pelatihan penggunaan alat pemadam kebakaran Nusantara Gapo 44 merupakan kegiatan yang harus diketahui dan dipahami seluruh prajurit jajaran Korem 044/Gapo untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme bagi seluruh anggota, sekaligus menguji kelayakan Foam Nusantara Gapo 44 produksi tahun 2016 masih layak digunakan atau tidak.  ”Uji coba ini bertujuan untuk melatih keterampilan dan ketangkasan anggota dalam menggunakan alat pemadam kebakaran guna menghadapi apabila terjadi Karhutla sekaligus menguji Foam Nusantara Gapo 44 produksi tahun 2016 ternyata masih efektif memadamkan api dan ini berarti Foam Nusantara Gapo 44 tidak ada batas pakainya atau kadaluarsanya,” terang Danrem.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta diberikan penjelasan secara teori dan praktek tentang prosedur menggunakan alat pemadam kebakaran, mulai mengenalkan fungsi-fungsi peralatan yang ada dimobil seperti mesin penyemprot, mesin penyedot dan sebagainya, hingga bagaimana cara menggunakan alat pemadam kebakaran ini dari mobil hingga melakukan penyemprotan Foam Nusantara Gapo 44 ke sasaran kebakaran.*Red

Share.

Comments are closed.