DANLANTAMAL XII PONTIANAK HADIRI DEKLARASI DAMAI TOKOH AGAMA UNTUK PILKADA TAHUN 2018

0
Views:
20

Pontianak, Rabu 14 Februari 2018 ,- PW: Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) XII Pontianak Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI (Mar) Endi Supardi menghadiri Deklarasi Damai Tokoh Agama Untuk Pilkada Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2018 di Hotel Kapuas Palace Jl. Budi Karya Kota Pontianak. Kanwil urusan agama Provinsi Kalbar H. Ridwan M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Kegiatan Deklarasi Damai Tokoh Agama Kalbar ini diselenggarakan untuk menjaga kondisi damai di Kalbar menjelang pelaksanaan tahapan kampanye Pilkada Serentak 2018, dengan deklarasi ini diharapkan isu SARA tidak digunakan oleh para calon yang bertarung di Pilkada mengingat isu SARA dapat menimbulkan gesekan pada Pilkada Serentak di wilayah Kalbar, tokoh agama dan seluruh masyarakat Kalbar diharapkan dapat bersama-sama menjaga semangat kebersamaan persaudaraan ke arah yang lebih baik menuju masyarakat Kalbar yang sejahtera.

Pangdam XII/Tanjungpura Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Achmad Supriyadi menyampaikan sambutan bahwa deklarasi damai tokoh agama ini merupakan deklarasi damai kedua, sebelumnya sudah ada deklarasi tokoh etnis Kalbar untuk Pilkada damai dan berkualitas, Deklarasi ini diharapkan tidak berhenti hanya di tingkat tokoh dan pimpinan masing-masing agama saja, namun juga diharapkan sampai ke masyarakat sehingga tujuan menciptakan Pilkada yang damai tanpa isu SARA dapat terwujud, Memilih pemimpin merupakan keharusan menuju masyarakat adil makmur, namun kita semua menginginkan agar proses dalam memilih pemimpin tersebut berjalan dengan damai.

Lanjut Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Pilkada bukan merupakan hal baru, artinya kita sudah punya pengalaman, saat ini kita tinggal meneruskan apa yang sudah pernah kita jalankan, Kalimantan Barat adalah provinsi terbesar ke-4 di Indonesia, banyak potensi wisata di Kalbar yang dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan perekonomian Kalbar Perekonomian Kalbar terus tumbuh dan jangan sampai karena Pilkada kita mengorbankan hal tersebut.

Penduduk Kalbar terdiri dari berbagai suku dan agama,  Polda Kalbar mengharapkan semua pihak agar ikut serta menjaga kedamaian di Kalbar, salah satunya dengan pelaksanaan deklarasi ini Melalui tokoh agama mari kita jaga Pilkada Damai agar nantinya terpilih pemimpin cerdas dan berprestasi. Kita buktikan Kalbar mampu menyelenggarakan Pilkada dengan damai.l serta jangan terpengaruh berita hoax dan menyesatkan. Setiap pemberitaan harus di cek kebenarannya, media sosial harus digunakan dengan bijak.

Lebih lanjut, Pj Gubernur Kalbar Doddy Riyadmadji, MM mengatakan bahwa Deklarasi ini memiliki posisi yg sangat strategis untuk menciptakan suasana damai karena tokoh agama memiliki Peran besar dalam masyarakat Kalbar, mengharapkan Kalbar jangan sampai ada radikalisme yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.

Suasana yang kondusif ini agar terus dipertahankan oleh sesama instansi yang terkait dan dibantu oleh seluruh lapisan masyarakat, kesempatan yang baik ini mari kita gunakan untuk menunjukan kebhinekaan kepada Indonesia agar kalbar aman, lancar dan kondusif didalam pesta demokrasi yang sedang berjalan, Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mendorong terwujudnya pemilu yang jujur, adil, kompetetif, tertib, aman, tentram dan damai, kami segenap Tokoh Agama yang ada di Kalimantan Barat dengan penuh rasa tanggung jawab.

Adapun penandatanganan Deklarasi Pilkada Damai Tokoh Agama Kabar oleh tokoh pimpinan agama di Kalbar antara lain, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat, Persatuan Gereja Indonesia Wilayah (PGIW) Kalimantan Barat, Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Kalimantan Barat, Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kalimantan Barat, Perwakilan Umat Budha Indonesia (Walubi) Kalimantan Barat serta Majelis Tinggi Agama Konghucu (Matakin) Kalimantan Barat.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Pj Gubernur Kalbar Doddy Riyadmadji MM, Pangdam XII Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono, Kabinda Kalbar Drs. Mirzan Abadi, M.Si, Dan Lanud Supadio Marsma TNI Minggit Tribowo, Danlantamal XII Pontianak, Brigjen TNI (Mar) Endi Supandi, Dan Satgas Tirai Bais TNI Kolonel Tri Darmawan, Kepala Kanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah M.Si, Ketua PWNU Kalbar H. Hildi Hamid, Ketua Muhammadiyah Kalbar Pabali Musa, Ketua FKUB Kalbar Dr. Ismail Ruslan, Ketua MUI Prov. Kalbar Drs. H. Basri Har,  Bupati Kab. Ketapang Bpk. Heldi Hamid para Tokoh agama,Tokoh Adat,Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan dan Tokoh Pemuda Pemudi Provinsi Kalbar serta kelompok organisasi mahasiswa Cipayung di Kalimantan Barat.*Red

Share.

Comments are closed.