Cegah Pelanggaran dan Disiplin, Korem 071/Wk Sidak Prajurit dan PNS Makorem 071/Wk

0
5
views

Banyumas, PW: Dalam rangka mencegah dan mengeliminir serta menekan terjadinya pelanggaran yang dilakukan prajurit dan PNS, Makorem 071/Wk gelar Inspeksi Mendadak (Sidak) personel, Rabu (14/2) di Lapangan Apel Makorem 071/Wk Jl. Gatot Subroto No. 1 Sokaraja Banyumas. Sidak dilaksanakan dengan mengecek kelengkapan baik kelengkapan administrasi personel itu sendiri maupun kelengkapan berkendara baik dinas maupun pribadi.

Sidak kelengkapan personel dikakukan oleh tim gabungan dari Denpom IV/1 Purwokerto, Staf Intelrem 071/Wk, Tim Intelrem 071/Wk dan Provoost Makorem 071/Wk. Dengan melaksanakan pemeriksaan administrasi kelengkapan surat-surat kendaraan dan kelengkapan materiil kendaraan baik dinas maupun pribadi roda dua ataupun roda empat/lebih. Seperti STNK TNI/Umum, SIM TNI/Umum, KTA dan data diri personel lainnya serta cek fisik kendaraan.

Danrem 071/Wk Kolonel Inf Suhardi menyampaikan sidak kelengkapan personel dan kendaraan dilaksanakan dalam rangka Operasi Gaktib dan Yustisi POM TNI 2018 bertajuk Waspada Wira Keris I Tahun 2018 yang telah digelar diseluruh wilayah tanah air, dalam rangka upaya preventif mencegah dan mengeliminir serta menekan tindak pelanggaran prajurit dan PNS dilingkungan TNI khususnya Makorem 071/Wk dan jajaran Korem 071/Wk. “Sidak yang kita laksanakan ini, merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Kodam IV/Dip, tidak hanya di Makorem 071/Wk saja, namun juga dilaksanakan diseluruh jajaran Korem 071/Wk. Sebagai tindakan dan langkah preventif untuk mencegah dan menekan pelanggaran yang dilakukan prajurit dan PNS baik pelanggaran disiplin maupun tindak pelanggaran pidana”, terangnya.

Dengan kegiatan ini, lanjutnya. Diharapkan kepada prajurit dan PNS akan timbul dan meningkatkan kesadaran dan ketaatan hukum, disiplin dan tata tertib dalam berlalu lintas maupun disiplin personel dalam pelaksanaan tugas. Dam diharapkan pula, kedepannya tidak ada pelanggaran sekecil apapun yang dilakukan prajurit dan PNS khususnya Korem 071/Wk beserta jajaran, karena sekecil apapun bentuk pelanggarannya akan mengakibatkan kerugian baik personel maupun materiilnya. “Pada seluruh prajurit dan PNS Korem 071/Wk beserta jajaran dimanapun berada dan bertugas, saya tekankan kembali, hindari pelanggaran sekecil apapun bentuknya dan patuhi aturan yang berlaku sesuai Undang-undang Lalu Lintas yang ada. Ciptakan lingkungan sayuan kita yang Nol Pelanggaran dan Nol Kecelakaan (Zero Contravence dan Zero Accident) yang pernah kita sepakati bersama”, tegasnya.

Sementara itu, Dandenpom IV/1 Letkol Cpm Kasid menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan ini sebagai bentuk untuk mengetahui dan mengecek sejauh mana dan sebagaimana para prajurit dan PNS mendisiplinkan dirinya melengkapi kelengkapan administrasi kelengkapan personel baik kelengkapan diri personel maupun kelengkapan kendaraannya.

Dikatakan bahwa kegiatan yang dilakukan ini sebagai tindak lanjut dari pencanangan Operasi Gaktib POM TNI tahun 2018 “Waspada Wira Keris Tahun 2018” dan Operasi Yustisi POM TNI Tahun 2018. Yang bertujuan menegakkan hukum dan sebagai tindakan preventif untuk menekan angka pelanggaran yang dilakukan oknum anggota TNI diwilayah Kodam IV/Dip yang meliputi pelanggaran disiplin, pelanggaran norma hingga pelanggaran hukum diantaranya narkoba, perkelahian, kekerasan serta berbagai bentuk pelanggaran ilegal lainnya. Dikatakan pula, kepada oknum anggota yang terbukti melakukan pelanggaran akan dilakukan tindakan keras sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

“Kegiatan ini sebagai langkah preventif kita agar personel dapat melengkapi apa yang dirasa belum ada kelengkapannya, sehingga kedepan personel bila ada gaktib disiplin, mereka sudah tidak ragu lagi melaksanakan tugas dengan semestinya tanpa ada beban dipundaknya. Dalam artian bahwa, kegiatan ini sebagai langkah kita untuk mengingatkan dan menginformasikan kepada para prajurit dan PNS agar melengkapi kelengkapan administrasinya baik kelengkapan administrasi personelnya maupun materiilnya dalam berkendara”, terangnya.*Red

Share.

Comments are closed.