Selain Patroli Kamtibmas, Polsek Ulu Ogan Gencar Sosialisasi Bahaya Karhutla

0
25
views

BATURAJA – OKU, PW: Dalam rangka mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta upaya penanganannya, Kepolisian Sektor (Polsek) Ulu Ogan terus melakukan patroli sekaligus bersosialisasi kepada masyarakat, terutama para petani tentang bahaya dan upaya pencegahan Karhutla. Meskipun bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) saat ini belum ditemukan diwilayah kerjanya.  Kapolsek Ulu Ogan, Ipda Edi Hernata SH menyampaikan, upaya patroli dan sosialisasi dialogis kepada masyarakat dan petani tentang bahaya Karhutla tersebut cukup membuahkan hasil. Berdasarkan hasil pantauan dan sosialisasi tersebut nampak masyarakat terutama petani sudah tidak lagi membakar lahan saat akan membuka lahan pertaniannya.

Selain kesadaran masyarakat terutama petani semakin membaik tentang bahaya Karhutla, saat ini secara umum petani di wilayah Ulu Ogan masih menunggu hasil panen kopi. Jadi belum ada kegiatan untuk menggarap lahan, jelas Edi, (7/2). , Kapolsek menjelaskan, untuk mengantisipasi akan terjadinya Karhutla saat ini pihaknya bersama unsur Tripika kecamatan dan perangkat desa terus aktif melakukan pengawasan atau patroli wilayah. Ketika melaksanakan patroli bersama, kadang  ada warga sedang membakar sampah dari hasil panen kebunnya, kita selalu mengingatkan agar di jaga jangan sampai di tinggalkan. Pemahaman tersebut terus kita lakukan kepada para petani dan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan.

Kapolsek Ulu Ogan, Ipda Edi Hernata SH

Lebih lanjut Kapolsek menyampaikan, Sebagai tugas pokok dan fungsi Polri selaku pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat, selain patroli dan sosialisasi bahaya Karhutla, Kepolisian Sektor (Polsek) Ulu Ogan terus menggalakan dan mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas dengan lebih mengaktifkan kegiatan Siskamling dilingkungan masing-masing, hal ini dilakukan untuk pencegahan dini terhadap aksi-aksi kejahatan yang bisa saja terjadi pada lingkungan kita,tegasnya.*Jum

Share.

Comments are closed.