Ketum Lembaga Investigasi Dan Pengawasan Aset Negara Apresiasi Kinerja Kementerian ATR/BPN

0
76
views

Ketua Umum Lembaga Investigasi dan Pengawasan Aset Negara, Harun S Prayitno SE., SH

Jakarta, PW: Dalam rangka menyongsong tahun 2018 Kementerian ATR/BPN mempunyai motto baru, yaitu “ATR/BPN Kini Lebih Baik”,  Ketua umum lembaga investigasi dan  pengawasan aset Negara Harun S Prayitno SE., SH,  memberikan Apresiasi kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) atas berbagai kinerja yang telah di capai. Demikian disampaikan saat berbincang di ruang kerjanya, rabu (07/02/2018). Hal tersebut terbukti dalam program PTSL dimana Target penyelesaian 5 juta sertipikat Pendaftaran Sistematik Lengkap (PTSL) sepanjang tahun 2017 mampu di diselesaikan.

Capaian yang telah dilaksanakan adalah untuk pengukuran dan pendaftaran sebanyak 5.262.162 bidang dan penerbitan sertifikat sebanyak 4.231.616 bidang. Keberhasilan dan hasil kerja keras jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional ini juga tak luput dari kebanggaan dari presiden RI, secara tegas Presiden RI Joko Widodo optimis target penerbitan sertifikat tanah yang ada di seluruh Tanah Air akan rampung pada tahun 2025 mendatang. Namun yang lebih mengejutkan lagi, Menteri Agraria dan Tata Ruang Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD optimis target tersebut akan tercapai ditahun 2023.

Lebih lanjut, Harun S Prayitno menjelaskan berbagai pelayanan dan kinerja kementerian ATR/BPN di nilainya semakin baik, berdasarkan hasil investigasi dilapangan Grafik peningkatan tersebut terlihat misalnya dalam pelayanan online yang makin tertib dan cepat terintegrasi. Hal lain yang menjadi sorotan adalah masalah pungli di loket pelayanan, berdasarkan pemantauan dilapangan hal tersebut nyaris tidak di temukan, jelas Harun. Selain mengurusi sertipikasi tanah untuk rakyat, Kementerian ATR/BPN juga telah menyelesaikan program prioritas lainnya pada tahun 2017, yaitu terkait sengketa dan masalah pertanahan dari tahun 2016 – 2017 telah terselesaikan sebanyak 2.168 kasus. Atas hal tersebut, Ketua umum lembaga investigasi dan  pengawasan aset Negara Harun S Prayitno, SE., SH sangat mengapresiasi atas capaian tersebut.

Ditambahkan Harun S Prayitno SE., SH capaian kinerja  Kementerian ATR/BPN  semakin baik nampak pada berbagai peningkatan yang signifikan, misalnya dalam pengadaan tanah untuk infrastruktur telah diselesaikan 65% sehingga pembangunan dapat diselesaikan sesuai rencana. Dalam hal financial inclusion terjadi peningkatan hak tanggungan dari Rp 700 Triliun di tahun 2016 meningkat menjadi Rp 917 Triliun di tahun 2017, sementara itu terjadi peningkatan penerimaan Bea Perolehan Hak Tanah dan Bangunan (BPHTB) menjadi hampir 17 Triliun di tahun 2017. Atas berbagai capaian dan kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tersebut,  Lembaga Investigasi Dan  Pengawasan Aset Negara memberikan nilai terbaik untuk jajaran Kementerian ATR/BPN.*Red

Share.

Comments are closed.