Tradisi Naik Puncak Lawu Danrem 081/DSJ Bersama Kodim 0804 Magetan

0
Views:
43
Magetan – PW: Dalam rangka menyambut warga baru kodim 0804 Magetan melaksanakan tradisi satuan naik puncak Lawu. Pada acara tradisi  kali ini terasa istimewa karena selain di ikuti oleh warga baru Kodim 0804 Magetan juga di ikuti oleh Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, SE. dan Dandenkesyah 05.04.01 Madiun Letkol Ckm dr. Djanuar Fitriadi, Sp. B. Jum’at (12/1/2018).
Gunung Lawu merupakan gunung api istirahat yang sudah lama tidak aktif, Gunung Lawu memiliki tiga puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumiling dan Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 3.265 mdpl. Untuk menuju ke puncak Lawu kita dapat melalui dua jalur pendakian yaitu jalur pendakian cemoro sewu di Desa Ngancar Kec. Plaosan Magetan dan jalur pendakian cemoro kandang Karangayar. Melalui jalur pendakian cemoro sewu sangat menguntungkan bagi para pendaki selain jarak tempuh yang relatif pendek dibanding dengan melalui cemoro kandang, di jalur ini hampir setiap pos hingga puncak terdapat warung untuk singgah bagi para pendaki yang ingin menambah bekalnya.  
Dalam sambutanya pada acara pemberangkatan Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, SE. berpesan agar dalam pendakian kali ini para peserta tradisi agar tidak takabur atau su’udon hendaknya kita tetap berdoa dan berserah diri kepada Allah SWT agar nantinya semua peserta bisa sampai dipuncak dan kembali dalam keadaan aman. “tegasnya”.
Pada tradisi Satuan ini mengambil jalur pendakian cemoro sewu, pada pukul 05.00 WIB  Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, SE. melepas langsung peserta Tradisi Satuan Kodim 0804 Magetan. Mulai trek pertama rute pemberangkatan ke pos 1 jalur pendakian masih relatif landai dimana dikanan kiri jalan terdapat vegetasi hutan damar begitu juga jalan makadam dengan batu yang tertata rapi. Dari pos 1 menuju ke pos 2 dikanan kiri merupakan medan yang berbatu dengan jalur yang belum terlalu ekstrem. Dari pos 2, pos 3 dan pos 4 hingga menjelang pos 5 disinilah fisik dan mental  kita akan diuji karena pada jalur pos ini kita akan melalui tanjakan berbatu yang ekstrim dan kita perlu berhati-hati.
Setelah melaui medan cukup menguras tenaga akhirnya pada pukul 11.00 WIB Danrem 081/DSJ dan peserta tradisi tiba di Sendang Drajat yang terletak di pos 5 jalur pendakian sebelum menuju ke puncak. Di Sendang Drajat ini Danrem 081/DSJ melaksanakan istirahat sejenak dengan mandi air sendang, melaksanakan Sholat Zuhur dan berdoa di petilasan Prabu Brawijaya V. Setelah istirahat sejenak Danrem 081/DSJ melanjutkan pendakian  menuju puncak Hargo Dumilah yang merupakan puncak tertinggi. Pada pukul 16.00 WIB Danrem 081/DSJ Kolonel Inf R. Sidharta Wisnu Graha, SE. dan peserta tradisi tiba di bese camp cemoro sewu untuk melaksanakan upacara tradisi dan penyiraman bunga.
Tadisi naik ke puncak Lawu ini merupakan tradisi satuan yang dilaksanakan setiap tahun untuk menguji mental dan kemanpuan fisik prajurit yang berdinas di Kodim 0804 Magetan. Diharapkan setelah melaksanakan Tradisi satuan ini Prajurit Kodim 0804 Magetan bisa menyatu dan mengenali kondisi geografi, demografi dan kondisi sosial yang akan menjadi medan pengabdiannya sehingga apa yang menjadi tugas pokok komando kewilayahan dapat dilaksanakan dengan baik oleh setiap Prajurit Kodim 0804 Magetan. “tegas Dandim 0804 Magetan”.(tsr04)
Share.

Comments are closed.