Alokasi Dana Desa Pemprov Sumsel Tahun 2018 Meningkat

0
11
views

Palembang – Sumsel. PW: Pemprov Sumsel pada tahun anggaran 2018 ini menerima alokasi dana desa dari pemerintah pusat untuk 17 kabupaten dan kota sebesar Rp. 2,3 triliun, hal ini mengalami peningkatan sekitar 2 persen dari tahun anggaran 2017. Demikian di sampaikan kepala kantor wilayah Ditjen Perbendaharaan Sumatera Selatan, Sudarso di Palembang, Senin (8/1/18).

Di jelaskannya,  dengan adanya penambahan dana yang disalurkan ke desa-desa tersebut, diharapkan mampu dimanfaatkan dengan baik dan efektif sehingga bisa mempercepat pembangunan sarana serta prasarana desa. Sudarso menambahkan, Dengan dukungan dana yang dialokasikan khusus untuk pembangunan desa, besar harapan kehidupan masyarakat desa bisa lebih baik dan pemanfaatan potensi daerah lebih maksimal, katanya.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumatera Selatan Ahkmad Najib menyampaikan, Dana yang diterima dari pemerintah pusat harus digunakan untuk kepentingan penduduk desa dan disesuaikan dengan kondisi wilayah. Selanjutnya, dana desa bantuan pemerintah pusat harus digunakan sesuai kebutuhan masyarakat setempat.

Untuk gambaran misalnya, daerah pasang surut biasanya kesulitan air bersih sehingga dana desa tersebut harus dimanfaatkan untuk membangun fasilitas air bersih dalam memenuhi kebutuhan minum, memasak, dan kebutuhan hidup sehari-hari lainnya. Najib mengharapkan dukungan dari semua pihak untuk melakukan pengawasan penggunaan Dana Desa, hal itu dilakukan untuk memastikan dana tersebut di manfaatkan sesuai kebutuhan dan peruntukannya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan.*Jum

Share.

Comments are closed.