LUAR BIASA, RIBUAN WARGA ANTUSIAS PADATI BAKSOS KESEHATAN TNI

0
Ternate (07/12), PW: Kegiatan Bhakti Sosial TNI Tahun 2017 digelar di Dhuafa Center Kota Ternate yang dihadiri oleh Gubernur Maluku Utara yang diwakili Sekprov Muabdin Rajab, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, Kapuskes TNI Mayjen TNI dr. Ben Yura Rimba, MARS., Kapuskes AU, Rombongan dari Mabes TNI, Forkopimda Malut dan Kota Ternate serta para Pasien dan pengantar, kegiatan Bhakti Sosial tersebut dibuka langsung secara resmi oleh Pangdam XVI/Pattimura ditandai dengan pemukulan gong.
Kegiatan Bhakti Sosial dilaksanakan layanan Pengobatan Umum, Operasi Bibir Sumbing, Khitanan Massal, Operasi Katarak, Pengobatan Gigi, Penyerahan Kacamata Baca, Alat Bantu Dengar dan Kursi Roda. Kegiatan tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat dibuktikan dengan membludaknya jumlah pasien yang akan berobat, bahkan petugas pendaftaran turut kerepotan namun hal tersebut tidak mengurangi semangat para petugas untuk melayani dan memberikan pengobatan secara gratis kepada masyarakat.
Kegiatan pengobatan sendiri sebetulnya telah dimulai 2 hari sebelumnya yang dilaksanakan di RS Tk. IV Ternate atau yang dikenal dengan Rumah Sakit Tentara (RST) telah dilakukan Operasi Bibir Sumbing dan Operasi Katarak selama 2 hari berturut-turut termasuk pada hari ini, target pasien pada pengobatan massal ini adalah 6.000 pasien. satu persatu pasien yang telah mendapatkan pengobatan maupun khitanan keluar dengan wajah sumringah bahagia seperti saudara kembar Fauzan Karim dan Farhan Karim yang diantar oleh ibunya mengaku senang setelah dilakukan khitan, “sedikit sakit tapi senang karena dapat tas sekolah”, selain itu juga Ibu Ani yang mengantar ketiga orang anaknya yang menderita bibir sumbing bisa tersenyum bahagia dimana pada hari sebelumnya kedua anaknya telah selesai menjalani operasi “Saya bersyukur saya pe anak yang dua ini so selesai di operasi, tinggal si kecil yang selanjutnya mau di operasi. selain itu juga saya ucapkan terimakasih banyak-banyak kepada TNI semoga kebaikan ini dibalas Allah SWT”.
Menjawab pertanyaan awak media saat Doorstop, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto menjelaskan bahwa apabila memang masyarakat yang mendaftar melebihi dari target 6000 orang, maka tidak perlu khawatir karena TNI pasti akan mewadahi kembali dalam kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan berikutnya yang akan digelar pada minggu ke empat Januari 2018.
Sementara itu dalam keterangannya Ws. Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru  Darujito menyampaikan bahwa kegiatan Bhakti Sosial ini diselenggarakan atas kerjasama Mabes TNI, Dinas Kesehatan Angkatan, Asosiasi Dokter Spesialis Mata Indonesia, Smile Train, Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kota Ternate serta Kodam XVI/Pattimura. Dalam Bhakti Sosial tersebut ditargetkan dapat melayani 6.000 Pasien namun apabila melihat antusiasme dari masyarakat yang datang tidak hanya dari Kota Ternate juga ada yang dari daratan Halmahera hingga Morotai maka target tersebut dapat tercapai. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kepedulian sosial TNI kepada masyarakat Maluku Utara dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dan Rakyat. (Penrem 152)
Share.

Comments are closed.