Komandan Lantamal V Hadiri Sertijab Dankodiklatal, Pangarmatim, Danseskoal dan Danpusnerbal

0

Surabaya, PW: Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Edi Sucipto, S.E., M.M didampingi Ketua Korcab V DJAT Ny.  Herniwati Edi Sucipto menghadiri Serahterima Jabatan Pangarmatim,  Dankodiklatal,  Danseskoal dan Danpuspenerbal di Dermaga Madura Koarmatim,  Ujung Surabaya, Selasa (14/11).

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.AP. memimpin langsung jalannya upacara yang dikomandani Komandan Upacara  Letkol Laut (P) Enok Nasarius.V. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Umum Jalasenastri Ny. Endah Ade Supandi, para pejabat utama teras Mabesal, para pangkotama, Gubernur Jawa Timur dan Ketua PKK Provinsi Jawa Timur, Forkompinda Provinsi Jawa Timur, para Komandan Lantamal Wilayah timur, Danpasmar-1, Danguspurlatim, Danguskamlatim, Kasgartap III/Sby serta segenap tamu undangan lainnya.

Serah terima yang dilaksanakan pada pagi hari itu antara lain  Komandan Kodiklatal dari Laksda. TNI I.G. Putu Wijahaadi, SH kepada Laksda TNI Darwanto ,SH., M.A.P, selanjutnya Pangarmatim diserahkan Laksda TNI Darwanto ,SH., M.A.P, kepada Laksma TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., Komandan Seskoal dari Laksda TNI Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M kepada Laksma TNI Sulistiyanto S.E., M.M.,M.Sc.,dan Komandan Puspenerbal dari Laksma TNI Manahan Simorangkir, S.E., M.Sc. kepada Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan.

Adapun Peserta Upacara adalah teridiri dari  kompi Pamen, Kompi Pama, Kompi Kowal, Kompi Pomal, Kompi Passusla, Kompi gabungan Bintara Armatim,  Kompi gabungan Tamtama Armatim,  Kompi Siswa  Marinir kodiklatal, Kompi gabungan Siswa dan antap Kodiklatal, Kompi Bintara Puspenerbal, Kompi gabungan Tamtama Puspnerbal dan Kompi  gabungan ASN Koarmatim. Sedangkan KRI yang melatar belakangi upacara sertijab adalah KRI Diponegoro-365, KRI Jhon Lie-358,  KRI I Gusti Ngurah Rai-332, KRI Bung Tomo-357 dan KRI R.E Martadinata-331.

Kasal dalam amanatnya menyampaikan bahwa Serah terima jabatan di lingkungan TNI Angkatan Laut merupakan proses berkelanjutan dari pembinaan personel dan penyegaran pengawakan organisasi pergantian pejabat bertujuan untuk mendinamisasikan lingkungan kerja yang terus bergerak adaptif, guna menjawab tantangan tugas ke depan yang semakin kompleks.

Era yang perkembangan kekinian lingkungan strategis global, regional dan nasional yang semakin kompleks menuntut peningkatan kapasitas dan kapabilitas serta kwalitas pembinaan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut dari waktu ke waktu. Tiga kegiatan pembinaan Tni Angkatan Laut yang menjadi ukuran level kekuatan bidang matra laut yang harus diwujudkan meliputi pembinaan SDM prajurit profesional, pembinaan dan modernisasi alat utama sistem senjata, dan pembinaan kesiapan operasional kekuatan TNI AL dari struktur kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu dengan komponen KRI, Pesawat Udara, Marinir Dan Pangkalan serta didukung dengan sistem komando dan pengendalian dan dukungan logistik terpadu.

Kodiklatal memiliki peran penting terkait dengan pembinaan doktrin dan organisasi serta pembinaan pendidikan dan latihan kodiklatal juga diharapkan menjadi wadah untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan latihan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut sehingga mampu menghasilkan prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut yang bermoral, profesional, berkarakter kuat serta berintegritas tinggi.

Koarmatim sebagai Kotama pembinaan dan operasional TNI Angkatan Laut memiliki kedudukan yang penting serta strategis, dimana Koarmatim bertugas membina kekuatan dan kemampuan komponen SSAT dalam menghadapi peperangan laut, melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang serta membina potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan dan keamanan negara di laut.

Hal ini didukung pula oleh Puspenerbal sebagai Badan Pelaksana Pusat TNI Angkatan Laut yang bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi penerbangan Angkatan Laut yang meliputi fungsi intai udara taktis, anti kapal selam, anti kapal atas air, pendaratan pasrat lintas heli, dukungan logistik cepat dan pengamatan laut terbatas sebagai bagian dari SSAT.

wujud dari pembinaan kekuatan dan kemampuan TNI Angkatan Laut, harus tercermin dari upaya pertahanan matra laut dihadapkan pada konstelasi tugas yang diberikan oleh Mabes TNI, untuk secara terus menerus menjaga kehadiran kekuatan TNI Angkatan Laut baik mandiri maupun gabungan dengan matra darat dan udara,  baik dalam menjaga stabilitas keamanan nasional di wilayah perbatasan, daerah rawan konflik dan menjaga keamanan dan ketertiban di laut yurisdiksi nasional indonesia wilayah tengah dan timur. Termasuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah, pulau terpencil, penanggulangan bencana alam dan bantuan sosial kemanusiaan.

Selesai memimpin jalannya upacara serah terima jabatan Komandan Kodiklatal, Pangarmatim, Komandan Seskoal, Komandan Puspenerbal Di Dermaga Madura, Kasal dengan di dampingi oleh Irjenal, Aslog Kasal, Pangarmatim dan Kadispenal meninjau proyek pembangunan dermaga Semampir II dan Balai prajurit di Lahan TNI AL pesapen di kawasan Jalan Kalianak Timur Surabaya.*Red

Share.

Comments are closed.