POLDA PAPUA BARAT DAN UKIP SORONG KERJASAMA DI BIDANG PENDIDIKAN

0

Sorong,PW: Bertempat di salah satu ruangan Hotel Tanjung Kasuari Kota Sorong (131117), Polda Papua Barat melaksanakan kegiatan bersama Universitas Kristen Papua Sorong  (UKIP). Kegiatan yang dimaksud adalah penandatanganan nota kesepahaman antara Polda Papua Barat dengan Universitas Kristen Papua Sorong  (UKIP), tentang penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, pengkajian, bantuan teknis, penelitian dan pengembangan kelembagaan. Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Rudolf A Rodja kepada awak media menyampaikan bahwa pendidikan itu sangatlah penting. Sehingga dengan adanya kerjasama antara Polda Papua Barat bersama dengan lembaga pendidikan tinggi dalam hal ini UKIP Sorong, diharapkan akan lebih membekali anggota kepolisian dengan ilmu pengetahuan.

“Pendidikan itu penting dan kalau kuliah maka Polisi lebih pintar. Karena kalau polisi tidak pintar dan masyarakat lebih pintar, maka akan sulit disana”, jelas Kapolda. Kapolda juga menyampaikan bahwa anggota kepolisian bebas memilih jurusan yang ada di UKIP sesuai kemauan, namun perlu juga menyesuaikan dengan tuntutan tugas anggota. “Kalau ada anggota polisi dibagian penyidik bisa ke jurusan hukum dan sebagainya, dalam artian bebas memilih. Dan sistem kuliahnya seperti kuliah umum selama 4 tahun. Anggota tidak diwajibkan untuk kuliah, namun jika anggota mau kuliah maka sudah ada keringanan-keringanan yang diberikan oleh UKIP, mengacu pada MoU yang ada”, tambah Kapolda.

Rektor UKIP Dian Mega SH MH dalam keterangannya memastikan bahwa anggota polisi yang nantinya akan kuliah, tetap kuliah seperti mahasiswa biasa. “Sama seperti mahasiswa biasa. Kuliahnya dari jam 10.00 sampai jam 17.00 dan kuliahnya pada hari senin sampai jumat. Dan untuk kehadiran, jika sudah 4 kali tidak hadir maka tidak akan diluluskan”, ujar Ibu Dian Mega. Rektor UKIP Sorong ini menambahkan bahwa kerjasama ini merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan kuantitas dan kualitas anggota kepolisian akan semakin lebih baik dalam menunjang tugas tanggungjawab yang dijalankan.

*Jacob Sumampouw

Share.

Comments are closed.