Kapolda Riau: Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Dalam Berlalulintas

0

Riau, PW: Digelarnya Operasi Zebra 2017 serentak di seluruh Indonesia membuat polisi harus bekerja ekstra keras untuk melakukan penindakan hukum Preventif, Preentif dan Represit, serta mencegah terjadinya kenaikan angka kecelakaan di jalan raya. Angka kecelakaan dalam Operasi Zebra  sejak tahun 2016 lalu berjumlah 2.623 kejadian yang mengalami penurunan 16 persen atau 518 di tahun 2015 yang jumlahnya 3.141 kejadian.

Sementara jumlah korban jiwa yang meninggal dunia pada Operasi Zebra 2016 berjumlah 649 orang jika dibandingkan di tahun 2015 ada 778 orang, pengurangannya 17 persen atau 129 orang. “Kita menginginkan agar warga dapat memahami tata cara berlalu lintas dan sopan santu dalam berkendaraan agar tidak ada lagi kecelakaan di jalan raya,” ujar Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang kepada awak media, Rabu (1/11/2017).

Terkait peningkatan dan pengurangan setiap tahunnya dalam pelanggaran yang dilakukan masyarakat berlalu lintas, tergantung petugas yang hadir di lapangan dan aktif hadir di jalan raya. “Semua tergantung keaktifan petugas yang di lapangan (jalan raya,red). Semakin sering hadir maka jumlah pelanggaran itu akan terus meningkat. Makanya diberi peringatan dulu, jika diindahkan satu-satunya jalan dilakukan tilang,” terang Kapolda.

Kapolda juga menyebutkan tujuan dari kegiatan operasi ini untuk memberikan pemahaman dan ketaatan kepada pengguna kendaraan bermotor di jalan raya agar lebih sopan santun. “Jika sudah paham dan patuh terhadap ketaatan berlalu lintas. Maka dengan sendirinya apa yang kita inginkan dapat berjalan sesuai keinginan yang juga sekaligus dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” terang Kapolda.

Dalam hal ini juga, Kapolda berpesan kepada masyarakat khususnya Pekanbaru, Riau bahwa dalam kegiatan ini juga bukan mencari orang yang salah. Tapi ingin meningkatkan pemahaman masyarakat tentang berlalu lintas. “Kita bukan mencari orang yang salah, tapi paling tidak menginginkan warga dapat meningkatkan dan memahami tata cara sopan santu dalam berlalu lintas di jalan raya agar terhindar dari kecelakaan,” harap Kapolda.*Dika

Share.

Comments are closed.