Danlanal Palembang Tutup TMMD Ke-100 Di Wilayah Kabupaten Pali

0

Sumsel, PW: Program kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 100 TA 2017 di wilayah Kodim 0404/Muara Enim resmi ditutup oleh Komandan Lanal Palembang Kolonal Laut (p) Dwi Prasetyo Rahendro Nugroho bertempat di Kelurahan Talang Ubi Barat Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Pali yang ditandai dengan dilakukan penanda tangan kesepakatan, antara Kodim 0404/Muara Enim oleh Komandan Kodim Letkol Inf Teadi Aulia Mula Aji, SE. dengan Pemkab Pali oleh Wakil Bupati Ferdian Andreas Lacony S.Kom M.M., Kamis (26/10/2017).

Dalam amanat Kasad Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan oleh Inspektur Upacara Penutupan TMMD ke-100 tahun 2017 Kodim 0404/Muara Enim Kolonal Laut (p) Dwi Prasetyo Rahendro Nugroho yang juga menjabat Danlanal Palembang menyatakan bahwa “Berdasarkan hasil survey Litbang Kompas pada Oktober 2017 menunjukkan TNI menempati posisi tertinggi sebagai institusi yang dipercaya oleh rakyat, yakni mencapai 94 persen. Ini bukti jika TNI semakin dekat dengan rakyat,” katanya.

Danlanal juga menyebutkan, TNI AD mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk pelaksanaan TMMD di seluruh Indonesia guna membantu percepatan pembangunan, terutama daerah pedesaan dan pinggiran. “Kegiatan TMMD Ke-100 dilaksanakan selama satu bulan yang dilaksanakan serentak di seluruh daerah, mulai dari 27 September sampai dengan 26 Oktober 2017 di 52 titik Kabupaten/Kota di Indonesia. Secara fisik melakukan sasaran infrastruktur pembangunan, rehabilitasi, pengerasan, pembuatan jalan, pengecoran jalan, rutilahu dan rehab jalan,” ujarnya.

Sedangkan sasaran nonfisik, lanjut dia, menggelorakan kembali semangat gotong royong yang sudah mulai luntur tergerus zaman. “Diharapkan melalui TMMD ini bisa meningkatkan wawasan kebangsaan guna menjaga kedaulatan negara,” tegasnya. Lebih lanjut Kolonal Laut Dwi Prasetyo mengatakan, TMMD sebagai implementasi dalam merekatkan kebersamaan antara TNI dan rakyat. “Terus pertahankan semangat kemanunggalan TNI dan Rakyat dengan selalu hadir di tengah masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi,” ungkapnya.

Tingkatkan pula semangat gotong royong yang merupakan nilai luhur Bangsa Indonesia sebagai upaya menjaga imunitas bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan terhadap keutuhan NKRI. “Pelihara dengan baik hasil pembangunan program TMMD ke-100 ini, baik fisik maupun nonfisik agar manfaatnya dapat dinikmati masyarakat dalam kurun waktu yang lama. Serta laksanakan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan TMMD sebagai bahan perbaikan pada TMMD yang akan datang,” pungkasnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0404/Muara Enim Letkol Inf Teadi Aulia Mula Aji SE. mengatakan, bahwa program TMMD ke-100 tahun 2017 yang berlangsung di Kabupaten Pali, program ini berkat kerja sama antara TNI dan Pemerintah Daerah. “Adapun program yang dijalankan, yakni pembuatan jalan, bedah rumah, rehap Mushola, pembuatan sumur bor, pembuatan jembatan, pembuatan MCK pembangunan gorong-gorong, dan program ini telah mencapai 100%,” tuturnya.

Terpisah Wabup Pali, Ferdian Andreas Lacony S.Kom MM., mengucapkan terima kasih kepada TNI telah melaksanakan TMMD di Kabupaten Pali, program ini juga bisa membantu Pemerintah Daerah dan mengurangi beban dari Pemerintah itu sendiri. “Saya berharap program ini bukan hanya 1 tahun sekali, akan tetapi dilakukan sebulan sekali, sebab sangat diperlukan di Kabupaten Pali, khususnya di Kecamatan yang lainnya, TNI merupakan mitra kerja dan program ini juga bisa mensejahterakan masyarakat juga,” tutupnya. Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Pali Ferdian Andreas Lacony S.Kom., MM., Dandim 0404/Muara Enim Letkol Inf Teadi Aulia Mula Aji SE. Wakil Ketua DPRD Pali Darmadi Shaimi, para Danramil jajaran Kodim 0404/ME, Kapolsek Talang Ubi, Komandan Brimob, Kepala SKPD dan para tamu undangan lainya.*Penrem 044/Gapo

 

Share.

Comments are closed.