Di TMMD Kodim Ngawi, SMPN 4 Karanganyar Diberi Penyuluhan tentang Wawasan Kebangsaan

0
21
views

Ngawi,  PW: Kegiatan yang selalu ada pada pelaksaan TMMD adalah penyuluhan tentang wawasan kebangsaan. TMMD tak hanya menyasar program fisik, melainkan juga non fisik. Pada TMMD Reguler ke-100 tahun 2017 Kodim Ngawi, di Kecamatan Karanganyar pelaksanaan penyuluhan wawasan kebangsaan dilakukan pada Senin (2/9/2017) kepada siswa-siswi SMPN 4 Karanganyar di aula SMP setempat. Narasumbernya Babinsa Sriwedari Pelda Sunarsi Posramil 0805/17 Karanganyar.

Penyuluhan wawasan kebangsaan terhadap siswa-siswi sangat penting, selain menanamkan rasa nasionalisme, juga memberikan pengertian kepada siswa-siswi terhadap hal-hal yang sering menjadi salah paham.  Pelda Sunarsi menyampaikan, tentang hormat terhadap bendera kebangsaan. Bahwa hormat bendera bukan berarti menghormati selembar kain berwarna merah dan putih yang menjadikan seseorang menduakan Tuhan, karena konteks bendera kebangsaan sangat jauh dari pemikiran yang mengarah pada Kekuasaan Ilahi.

“Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sama sekali tidak ada hubungannya mengesampingkan atau menyelewengkan aturan ataupun larangan dalam ajaran agama, melainkan untuk membuktikan jatidiri sebagai warga negara Indonesia,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan perihal kewajiban sebagai warga negara Indonesia untuk mengibarkan bendera di tiap-tiap rumahnya saat hari-hari nasional. Pengibaran bendera merah putih itu sebagai penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan yang gugur membela bangsa dan negara. “Sebagai generasi penerus harus menghormati jasa-jasa para pahlawan yang berjuang membela bangsa, sehingga menjadi bangsa yang merdeka,”tegasnya.

Tidak lupa, Pelda Sunarsi mengingatkan sejarah tentang tragedi bangsa yang sangat memilukan yang bertujuan ingin merubah pancasila  dan UUD 1945 yang di lakukan Partai Komunis Indonesia (PKI) di tahun 1965 yang di kenal  G30S/PKI. “Semoga tragedi itu tidak terulang kembali di negara kita,” pungkasnya. Pada rangkaian kegiatan penyuluhan wasbang tersebut diawali dengan melaksanakan Upacara Bendera Hari Kesaktian Pancasila di halaman SMPN 4 Karanganyar bertindak sebagai Irup Pelda Sunarsi.

Authentikasi: Kapenrem 081/DSJ Mayor Arm Timbul Moedjihartoyo

Share.

Comments are closed.