PRAJURIT INDOBATT PERINGATI HUT KE-72 TNI AL DI LEBANON

0

Lebanon, PW: Dalam rangka memperingati hari ulang tahun TNI Angkatan Laut ke-72 tahun 2017, seluruh prajurit TNI AL yang tergabung dalam Satgas Indobatt Kontingen Garuda XXIII-K/UNIFIL melaksanakan upacara dan syukuran sederhana di Markas Indobatt UNP 7-1, Sector East Lebanon. Senin (11/09/2017). Upacara yang dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Wadan Satgas Indobatt Kontingen Garuda XXIII-K/UNIFIL 2017 Mayor Inf Mohammad Tamami, S, SOS., dengan Komandan Upacara Danki C Indobatt Kapten Marinir Haris Tri Purnama dan Perwira Upacara Kasi Pers Indobatt Kapten Laut (S) MZ Lerry Frendiana.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi SE, M.A.P. dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irup pada peringatan HUT TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 10 September tersebut mengambil tema “Bersama Rakyat, TNI AL Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.  “Pada hakekatnya upacara peringatan hari jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yaitu, Pertama, Makna Keimanan dan ketaqwaan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan yang Maha ESA atas segala petunjuk ,tuntunannya dan perlindungannya, selama 72 Tahun masa pengabdian TNI-AL. Kedua, Makna Historis, upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan perjuangan TNI-AL dalam mengisi kemerdekaan  serta menegakkan Integritas, Kedaulatan bangsa dan negara. Ketiga, Makna Evaluatif, sebagai momentum Introspeksi dan Evaluasi diri tentang kekurangan dan kelebihan pelaksaan tugas di masa lalu, guna memantapkan dan penyempurnaan tugas di masa mendatang,” kata Kasal.

Sejalan dengan poros maritim dunia, lanjutnya, Pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Kebijakan ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau – pulau terluar dan strategis yaitu Natuna, Yamdena Salaru, Morotai, Biak dan Merauke, arah kebijakan baru pemerintah dan TNI tersebut tentunya mempengaruhi perencanaan pembangunan TNI Angkatan Laut”, ungkap orang nomor satu di TNI AL tersebut.

Usai upacara, Wadan Satgas Indobatt Kontingen Garuda XXIII-K/UNIFIL Mayor Inf Mohammad Tamami, S, SOS. menyampaikan ucapan selamat kepada TNI Angkatan Laut atas hari jadinya yang ke-72, dan mengucapkan terima kasih atas segala upaya dan kerja keras seluruh prajurit satgas Kontingen Garuda, khususnya satgas Indobatt Konga XXVIII-K/UNIFIL.  Acara dilanjutkan dengan doa sebagai wujud syukur kehadirat Allah SWT, pemotongan tumpeng dan kue tart ulang tahun ke-72 TNI AL, dan diakhiri dengan sesi foto bersama seluruh prajurit TNI AL.*Red

Share.

Comments are closed.