STAF AHLI MENKOMINFO BUKA MUBES IKATAN WARTAWAN ONLINE (IWO) KE I

0
7
views

Jakarta,PW: Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo) Bidang Hukum Prof Dr Henri Subiakto SH MA, secara resmi membuka Musyawarah Bersama (Mubes) ke 1 Ikatan Wartawan Online (IWO) di hotel puri mega Jakarta (080917). Mubes ke IWO ini resmi dibuka, dengan ditandai pemukulan gong. Prof Dr Henri Subiakto SH MA hadir dalam mubes IWO ke 1 ini, mewakili Menteri Kominfo Republik Indonesia Rudiantara. Mubes ke 1 IWO ini rencananya dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir H Joko Widodo, namun berhalangan hadir karena tugas kenegaraan di tempat lain. Mubes ke Ikatan Wartawan Onlien (IWO) yang dihadiri ±300 orang peserta dari berbagai profesi wartawan di Indonesia. Setelah dibuka, mubes dilanjutkan dengan dialog public. Dialog public dengan tema “Membangun Peradaban Pada Dunia Online” menghadirkan narasumber yakni Prof Dr Henri Subiakto SH MA.

Selain itu ada juga narasumer dari Tenaga Professional Bidang Kewaspadaan Nasional Lemhanas RI Mayjen TNI (Purn) I Putu Sastro Wingarta S.IP M.Sc mewakili Gubernur Lemhanas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, Karo Multimedia Mabes Polri Brigjen (Pol) Drs Yan fitri Halimansyah MH, Mantan Dubes RI untuk Italia (Wartawan senior kompas) August Parengkuan, Wartawan Senior dan Budayawan Mohamad Sobari, Ahli Cybercrime Gildas Deograt Lumy dan Ketua Dewan Etik IWO Sulsel Arkam Azikin. Dialog public ini dipandu oleh wartawan senior yang juga Ketua Umum IWO Jody Yuwono. Materi yang menjadi bahan dialog diantaranya: Tekonologi Digital dan Cybercrime, Budaya dan Media Online serta Etika Bisnis Media Online. Para narasumber diberikan waktu menyampaikan materi atau makalahnya, masing-masing dalam waktu ±8 menit. Setelah penyampaian materi, moderator melemparkan ke peserta untuk bertanya.

Banyak pertanyaan yang dilontarkan peserta yang semuanya di jawab dengan baik oleh para narasumber secara bergatian, sesuai dengan kapasitas narasumber. Di akhir dialog Ketua umum IWO menyerahkan cenderamata berupa kaos IWO kepada para narasumber dan Karo Multimedia Mabes Polri membalas dengan memberikan cenderamata kepada Ketua umum IWO. Dalam keterangannya setelah selesainya dialog public, Prof Dr Henri Subiakto SH MA menyampaikan di media online wartawan memiliki kesempatan yang sama. “ Anda mau darimanapun, semua memiliki kesempatan yang sama dalam media online. Kalau dulu kan hanya Jakarta. Tapi sekarang anda di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua, media online sudah dibaca oleh semua bahkan sampai ke seluruh dunia. Oleh sebab itu media online adalah media masa depan yang akan mewarnai publikasi di Indonesia”, jelasnya.

*Jacob Sumampouw

Share.

Comments are closed.