224 NAPI LAPAS KELAS IIB SORONG, TERIMA REMISI HUT RI KE 72

0

Kota Sorong,PW: Sebanyak 224 orang narapidana kelas IIB Sorong, menerima pengurangan masa tahanan (Remisi) di HUT RI ke 72. Surat keputusan pengurangan masa tahanan (remisi) ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Mohamad Lakotani SH M.Si kepada perwakilan napi penerima remisi. Penyerahan SK Remisi ini dilaksanakan pada upacara yang berlangsung di halaman dalam Lapas kelas IIB Sorong. Penyerahan SK remisi ini disaksikan oleh Kalapas kelas IIB Sorong Junaidi SH. Lapas kelas IIB Sorong yang berpenghuni sebanyak  432 orang ini, sudah over kapasitas.

Karena kapasitas yang sebenarnya hanya bisa diisi oleh 214 orang. Sehingga Kalapas dalam penyampaiannya, meminta Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk dapat memperhatikan kondisi yang ada. Dari 224 orang napi yang menerima remisi ini, mendapat remisi yang berbeda yaitu: remisi 5 bulan = 12 orang, 4 bulan = 13 orang, 3 bulan = 50 orang, 2 bulan = 63 orang dan 1 bulan = 86 orang. Dari 224 orang napi yang mendapatkan remisi ini, 2 orang diantaranya akan menghirup udara bebas. Wagub Papua Barat dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada napi yang mendapatkan remisi. Sedangkan yang belum mendapat remisi, Wagub menghimbau agar kembali menilai diri sendiri.

“kepada yang menerima remisi di hari kemerdekaan ini, saya harap saudara-saudara lebih mempunyai jiwa nasionalisme yang tinggi”, ujar Wagub disertai sorakan para napi serta tamu undangan. Kepada insan pers, Kalapas mengatakan criteria napi yang mendapatkan remisi adalah berkelakuan baik. “Kriteria utama adalah berkelakuan baik. Kami di lapas ada penilaian sarana admistratif dan subtantif”, jelas Kalapas. Penyerahan SK remisi ini disaksikan juga oleh Plt Walikota Sorong Dra Welly Tigtigweria, Ketua Pengadilan Sorong, Kajari Sorong, pejabat TNI-Polri serta pejabat Pemkot Sorong. Diakhir kegiatan Wagub bersama Plt Walikota Sorong melihat pameran lukisan dari para napi dan sekaligus memberikan penilaian serta mengumumkan pemenang.

*Jacob Sumampouw

Share.

Comments are closed.