LANTAMAL XIV MUSNAHKAN KAPAL KIA F/B JAMELIA -1

0

Kota Sorong,PW – Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) memiliki kekayaan laut yang sangat luar biasa. Oleh sebab itu menjadi surga bagi kehidupan biota laut, termasuk ikan-ikan. Namun kekayaan alam yang ada di laut ini, bukan hanya di nikmati masyarakat Indonesia. Akan tetapi juga dimanfaatkan oleh warga negara asing. Ada yang memiliki ijin resmi, ada juga yang tidak memiliki ijin. Menurut keterangan Danlantamal XIV Sorong Laksamana Pertama S.S. Panjaitan M.Si (Han), salah satu kapal negara asing yang melakukan aktifitas penangkapan ikan tanpa memiliki ijin (ilegal) adalah kapal KIA F/B Jamelia -1 GT 42 dengan Nahkoda Joseph B. Ombao dan ABK 25 orang. Kapal ini dicurigai melakukan illegal fishing di sekitar wilayah perairan Halmahera Utara.

Setelah di periksa, diduga melakukan pelanggaran peraturan perikanan. Sehingga ditangkap oleh KRI Sorong-911 pada 22 November 2016 lalu. Diketahui kapal ini tanpa dokumen sama sekali, baik dokumen kapal, dokumen ABK dan lainnya tidak ada (nihil), di temukan juga barang bukti ikan tuna sebanyak 5 ton. Berdasarkan UU 45 tahun 2009 tentang perikanan, dijatuhkan pasal 92 junto pasal 28 ayat 1 junto pasal 93. Setelah melalui penyidikan dan proses sidang di tetapkan Nahkoda sebagai tersangka, sedangkan 25 orang ABK di deportasi ke Negara asal (bagian utara Indonesia), setelah berkoordinasi dengan pihak Imigrasi. Dan pada 13 Desember 2016, keluarlah surat pemusnahan dari PN Sorong. Sehingga di lakukan pemusnahan kapal saat ini (01/04) bertempat di perairan Pulau Nanah Kota Sorong.

“sedangkan nahkoda dikenakan hukuman penjara 1 tahun dan denda 1 Miliar, namun apabila tidak bisa membayar denda, maka akan di tambah kurungan 1 bulan”, kata Danlantamal XIV. “Pemusnahan ini dilakukan secara simultan di seluruh wilayah Indonesia, di komandoi oleh Komandan Satgas 115 yaitu Menteri Kelautan dan Perikanan Ibu Susi Pudjiastuti, dengan pusat komando di Ambon. Ada 82 kapal yang dimusnahkan secara simultan di wilayah NKRI”, jelas Danlantamal XIV. Pemusnahan kapal KIA F/B Jamelia -1 ini dilakukan Tim Eksekutor  Demolisi dari Satkopaska Armatim yang di pimpin oleh Letda Laut (P) Nuryanto (Katim Paska) dan koordinator pelaksana Mayor Laut (P) Iwan Hendra Susilo ST (Dansatkamla Lantamal XIV) yang dihadiri ± 70 orang.

Pemusnahan disaksikan langsung Laksma TNI S.S. Pandjaitan M.Si (Han) (Danlantamal XIV), Brigjen TNI Ignatius Yogo Triyono MA (Danrem 171/PVT), Kompol J. Watimena S.Pd (Wakaden B pelopor Brimobda Papua Barat), Kolonel Marinir Anif Hidayat (Wadan Lantamal XIV), Letkol Laut (P) Philipus Sri Suharto (Satgas 115 KKP), Wilhelmus Asmuruf (Asisten III Kota Sorong), AKBP Siregar (Perwakilan Dit Polair Polda Papua Barat), Ir. Albertho Salossa (Sekda Kab Sorong), DR. Yusuf Salim M.Si (Sekda Kab Raja Ampat), Hanif (Perwakilan PN Sorong), Agustinus (Perwakilan KSOP Sorong), Intan Listyarining (KKP RI), Oktaviani Ayuningrum (KKP RI), Thomas Teguh C.A. (Perwakilan Imigrasi Sorong), Prasetyo Budiarto (Kabasarnas) beserta jajaran Asisten, Kadis dan Kasatker Lantamal XIV serta jajaran instansi Maritim di Kota Sorong. *Jacob Sumampouw

Share.

Comments are closed.