RAKOR GLADI LAPANG PENANGGULANGAN BENCANA ALAM

0

Kemampuan dalam penanganan bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu perlu disiapkan oleh seluruh instansi terkait diwilayah. Dilihat dari tujuan ini maka rapat koordinasi untuk menggelar Gladi Lapang Penanggulangan Bencana Alam  dilakukan pihak Kodim 0818 Korem 083/Bdj  di Makorem 083/Bdj, Rabu 29/3/2017. Kasi Ops Korem 083/Bdj Mayor Inf Totok Prio Kismanto. S.E., memaparkan tentang kesiapan Latihan pada Rakor yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Korem 083/Bdj Letkol Kav Rahyanto Edi Yulianto, dengan di hadiri oleh Seluruh Dandim dan DanYon Jajaran Korem 083/Bdj serta seluruh Kepala/Anggota BPBD wilayah Korem 083/Bdj serta Dan/Ka Baprasrem 083/Bdj dan Juga Pasi Ops Kodim 0818 Kapten Czi Supaat.

Menurutnya, gladi tersebut merupakan bentuk kontijensi atau upaya antisipasi dalam menghadapi bencana sehingga gladi akan melibatkan banyak pihak. Dimana dalam sekenario yang dirancang Kabupaten Malang akan mengalami Eropsi Gunung Semeru Meletus dimana direncanakan titik kumpul pengungsian sementara berada di Balai Desa, Dengan demikian kita dapat mengetahui fungsi petugas dan cara-cara evakuasi korban yang wajib menjadi prioritas dilindungi yakni orang tua, penyandang cacat, perempuan dan anak-anak, agar bisa memperkecil adanya korban, terangnya.

Terkait dengan itu Komandan Kodim 0818 wilayah Kab.Malang dan Kota Batu Letkol Arm Muridan.,S.Si.,M.Sc., Sebagai Dansatgas Penanggulangan Bencana, berharap agar Pemkab malang dapat mensukseskan kegiatan gladi lapang ini, sehingga masyarakat Kabupaten malang memiliki kewaspadaan serta kesiapan mental dalam menghadapi bencana gunung meletus. Skenario latihan ini adalah penanganan bencana alam gunung meletus yang akan terlaksana di wilayah Kec.Ampelgading Kegiatan tetsebut merupakan agenda kerja dari Mabes TNI yang bertujuan untuk mengetahui satkowil dalam penanganan bencana alam sekaligus men-update data terkait wilayah yang terdampak dalam sebuah bencana alam.*Red

Share.

Comments are closed.